El Classico, Suarez Gemilang El Real Tumbang

Real Madrid Closer to Relegation Than to Barcelona. Bleacher Report

Epicentrum.id, Jakarta – FC Barcelona bermain gemilang. Pada laga pekan pekan 10 La Liga yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Minggu (28/10/2018) malam WIB, mereka sukses menghajar Real Madrid dengan skor 5-1. Gol-gol Barcelona di laga ini dicetak oleh Luis Suarez (hat-trick), Philippe Coutinho, dan Arturo Vidal, Satu gol Madrid dicetak oleh Marcelo.

Berkat kemenangan ini, Barcelona sukses mempertahankan posisi mereka di puncak klasemen La Liga musim 2018/19 dengan raihan 21 poin. Sedangkan bagi Real Madrid, kekalahan ini membuat mereka tertahan di posisi 9 dengan raihan 14 poin.

Dalam pertandingan ini, Barcelona menurunkan beberapa pemain kuncinya, minus Lionel Messi yang masih cedera. Di lini depan, trio Rafinha-Luis Suarez-Philippe Coutinho masih dipasang, ditemani Sergio Busquets, Ivan Rakitic, dan Arthur Melo yang menjadi metronom di lini tengah. Lini pertahanan digalang oleh duet Gerard Pique dan Clement Lenglet.

Real Madrid juga menurunkan para pemain inti mereka di laga ini. Di lini depan, ada trio Karim Benzema, Isco, dan Gareth Bale yang diturunkan, ditambah dengan trio Toni Kroos, Casemiro, dan Luka Modric yang menjadi metronom permainan Madrid. Lini pertahanan mereka dikomandoi oleh duet Raphael Varane dan Sergio Ramos.

Di babak pertama ini, Real Madrid sebagai tim tamu sebenarnya mampu mengambil inisiatif permainan terlebih dahulu. Di awal-awal laga, tekanan langsung mereka berikan kepada pertahanan Barcelona, dan itu sempat membuat Barcelona kerepotan.

Namun, masuk menit 10, Barcelona mulai menguasai diri. Tekanan yang Madrid berikan sukses mereka ubah menjadi peluang, dan hal itu tampak dari gol pertama Barcelona yang dicetak oleh Coutinho pada menit 11. Memanfaatkan umpan dari Jordi Alba yang merangsek dari sisi kanan pertahanan Madrid, Coutinho membuat Thibaut Courtois bertekuk lutut. Barcelona unggul 1-0.

Setelah unggul, Tim Catalan ini bermain lebih nyaman. Aliran bola mulai mereka pegang, dan beberapa serangan berbahaya juga berhasil mereka lepas, salah satunya lewat sepakan dari Arthur pada menit 18. Beberapa umpan kombinasi juga dilakukan para pemain Barcelona di area pertahanan Madrid dengan apik.

Meski tertinggal dan ditekan balik, Madrid tidak menyerah. Sesekali mereka berusaha untuk memberikan ancaman, namun upaya mereka kerap gagal karena adanya kombinasi yang tidak baik di area sepertiga akhir. Benzema, Bale, dan Isco kerap terlibat salah pengertian.

Asyik menyerang membuat Madrid lengah di pertahanan. Pada menit 30, Barcelona mendapatkan penalti setelah Varane dinilai melanggar Suarez. VAR turut andil dalam pengambilan keputusan ini. Suarez yang ditunjuk sebagai algojo penalti sukses melaksanakan tugasnya dengan baik. Barcelona unggul 2-0.

Di sisa waktu 15 menit babak pertama, Madrid semakin agresif menekan Barcelona dengan tujuan untuk memperkecil ketertinggalan. Namun, sampai babak pertama usai, mereka tetap tertinggal 0-2.

Memasuki babak kedua, Real Madrid langsung menekan balik Barcelona. Selain memasukkan Lucas Vazquez pada menit 46, sisi kiri Madrid pun dihidupkan. Hasil dari tekanan ini berbuah manis untuk Madrid via gol Marcelo yang dicetak pada menit 50, memanfaatkan kemelut di depan gawang Barcelona. Skor berubah menjadi 2-1.

Usai memperkecil skor, Madrid seolah mendapatkan napas baru. Mereka menekan lebih gila lagi. Satu pemain Barcelona yang menguasai bola bahkan sampai ditekan oleh dua sampai tiga pemain Madrid. Tapi, kepanikan tidak merundung Barcelona. Mereka tetap bisa menguasai bola dengan baik.

Untuk menjaga keseimbangan permainan, Barcelona memasukkan Nelson Semedo pada menit 69, menggantikan Rafina. Masuknya Semedo ini membuat Barcelona beralih formasi menjadi 4-4-2. Ada keteraturan yang berusaha diciptakan Ernesto Valverde, pelatih Barcelona. Hadirnya Semedo juga memadatkan lini tengah Barcelona.

 

Barcelona’s Uruguayan forward Luis Suarez (R) celebrates his second goal during the Spanish league football match between FC Barcelona and Real Madrid CF at the Camp Nou stadium in Barcelona on October 28, 2018. (Photo by GABRIEL BOUYS / AFP)

Tidak hanya memadatkan dan mengubah formasi, hadirnya Semedo juga mengubah gaya main Barcelona. Ditambah masuknya Ousmane Dembele pada menit 74, terlihat bahwa Barca mulai mengandalkan serangan balik pada laga ini. Hasilnya apik. Pada menit 75, memanfaatkan umpan Sergi Roberto, Suarez memperlebar keunggulan Barcelona menjadi 3-1.

Tertinggal 1-3, dengan sisa waktu laga yang semakin tipis membuat semua terasa berat bagi Madrid. Masuknya Marco Asensio pada menit 77 pun menjadi usaha lain ‘Si Putih’ untuk menambah tekanan ke lini pertahanan Barcelona. Begitu juga dengan masuknya Mariano Diaz pada menit 81, walau sebenarnya dia masuk untuk menggantikan Marcelo yang cedera.

Namun, usaha Madrid ini menjadi sia-sia. Pada menit 83, mereka kembali menambah keunggulan lewat Suarez, memanfaatkan umpan (lagi) dari Sergi Roberto. Suarez mencetak hat-trick, membawa Barca unggul 4-1 atas Madrid. Keunggulan Barcelona bertambah menjadi 5-1 usai Arturo Vidal, yang masuk pada menit 84, juga sukses mencetak gol.

Sampai pertandingan selesai, keunggulan Barcelona ini tetap bertahan. Mereka pun sukses mengokohkan diri mereka di puncak klasemen sementara La Liga musim 2018/19. [Kumparan]

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *