Nah! Eggi Sudjana Minta Fatwa MUI Tentang Memilih Pemimpin Ingkar Janji

Eggi Sudjana (net)

epicentrum.id, JAKARTA –¬†Aliansi Advokasi Caleg Muslim (A2CM) mendatangi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk meminta fatwa. Mereka ingin kejelasan hukum soal memilih pemimpin yang ingkar janji.

“Pertanyaan kita untuk minta fatwanya adalah sebelum fatwa yang ada dari MUI sendiri tahun 2015 di Tegal bahwa Ma’ruf (Ma’ruf Amin) mengatakan untuk pemimpin ingkar janji itu tidak boleh dipilih lagi, bahkan berdosa. Apakah berdosa sama dengan tercela, ini perlu fatwa,” kata Ketua Umum A2CM Eggi Sudjana di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (23/10/2018).

Selain itu, mereka meminta fatwa tentang hukum memilih calon dari partai yang pernah mendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Eggi menyebut 6 nama partai terkait hal itu.

“Kita menyadari negeri ini mayoritas muslim tetapi ada partai-partai seperti PDIP, Golkar, PKB, PPP, Hanura, NasDem itu semuanya mendukung Ahok Basuki Tjahaja Purnama, yang kita lihat dan sudah terbukti secara hukum sebagai penista agama. Pertanyaan seriusnya caleg muslim dari sana apakah juga boleh dipilih atau nggak?” ujar caleg PAN itu.

Menurutnya, permintaan fatwa ini akan jadi ujian bagi MUI. Dia berharap keputusan MUI nantinya tak akan terpengaruh oleh posisi ketua umum Ma’ruf Amin sebagai cawapres.

“Kita uji MUI apakah kredibel, apakah benar-benar mewakili aspirasi ajaran Islam. Karena ini kumpulan para ulama yang mengerti ajaran Islam, jangan berkilah, jangan mencari-cari,” ucapnya.

“Kami orang-orang yang punya pengertian Alquran dan sunah dan jadi jangan dipelintir-pelintir umat Islam ini, harus yang benar-benar, jangan karena kepentingannya Pak Ma’ruf sebagai ketua di sini, dibela-bela. Itu lebih jahat lagi,” pungkasnya. (detik)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *