Tunjuk David Stilwell, Trump Akhirnya Isi Kursi Perwakilan Asia Timur yang Telah Lama Kosong

Donald Trump

epicentrum.id, Washington DC –¬†Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana untuk mencalonkan mantan Jenderal Angkatan Udara David Stilwell guna menjadi diplomat utama di Departemen Luar Negeri untuk Asia Timur.

Pos ini sudah tidak terisi selama lebih dari satu tahun, meski banyak tantangan yang dihadapi AS di kawasan itu.

Gedung Putih mengatakan, Trump telah mengumumkan rencananya untuk mencalonkan Stilwell sebagai asisten menteri luar negeri untuk Asia Timur dan Pasifik. Dia adalah mantan pilot karier yang mahir berbahasa Korea, China, dan Jepang.

Pencalonan itu harus dikonfirmasi oleh Senat, namun para ahli mengatakan Stilwell kemungkinan akan menerima dukungan luas.

Pos ini sudah lama tidak terisi setelah Daniel Russel mengundurkan diri pada April tahun lalu terlepas dari krisis besar nuklir Korea Utara dan memburuknya hubungan dan perang dagang dengan China.

Diberitakan Straits Times, Stilwell pensiun dari Angkatan Udara AS pada 2015 dengan pangkat Jenderal setelah 35 tahun bertugas. Dia saat ini menjabat sebagai Direktur China Strategic Focus Group di Markas Komando Indo-Pasifik AS di Hawaii dan seorang rekan senior di East West Center di Honolulu.

Stilwell bergabung dengan Angkatan Udara pada 1980 sebagai seorang ahli bahasa Korea dan melayani di Korea Selatan sebelum mendapatkan gelar dalam studi Asia dan bahasa China.

Dia juga bertugas dengan Angkatan Udara di Jepang dan terlibat dalam peran perencanaan Asia di Pentagon dan pernah menjabat sebagai atase pertahanan di Beijing sejak 2011 hingga 2013. (viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *