Harga Saham Emiten Grup Bakrie Terangkat, Imbas Dukungan ARB ke Jokowi?

tambang batubara (Liputan6.com/Panji Diksana)

epicentrum.id – Mantan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical) merapat ke kubu Joko Widodo (Jokowi). Entah ada hubungannya atau tidak, pasca Aburizal menentukan dukungan politik tersebut, harga saham emiten yang terafiliasi dengan Grup Bakrie bergerak naik pada perdagangan Selasa (9/10).

Beberapa saham yang menguat tersebut adalah saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) yang menguat 1,01% ke level Rp 200 per saham. Lalu saham PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) naik 1,82% menjadi Rp 56 per saham. Malah harga saham PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) menanjak 5% menjadi Rp 126 per saham.

Sedangkan harga saham PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) turun 0,5% ke level Rp 199 per saham. Namun saham UNSP sempat menyentuh level harga tertinggi hari ini (9/10) yakni Rp 204 atau menguat 2%.

Analis Ekuator Swarna Sekuritas David Nathanael Sutyanto menilai, Keputusan politik Aburizal Bakrie yang merapat ke Jokowi tersebut tidak mempengaruhi pergerakan saham emiten Grup Bakrie. Meskipun diakui, mendekati tahun politik, segala hal akan dikaitkan dengan aktivitas politik.

“Saya melihat enggak ada hubungannya, bussines to bussines, dukungan ya dukungan,” katanya kepada Kontan.co.id, Selasa (9/10).

Kepala Riset Narada Kapital Indonesia Kiswoyo Adi Joe menyebut, kenaikan harga saham emiten Grup Bakrie tersebut, tidak berkaitan dengan dukungan Aburizal kepada Jokowi. Dia juga mempertanyakan sentimen apa yang membuat saham emiten Grup Bakrie menguat.

“Itu enggak ada kaitannya, saya juga bingung toh Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih begitu-begitu saja,” kata Kiswoyo. (kontan)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *