Koefisien Italia Di Peringkat UEFA Menyalip Inggris

Euporia kemenangan SS Napoli atas Liverpool. (Youtube)

Epicentrum.id, Nyon –  Matchday II Liga Champions musim 2018/19 menjadi pekan yang membahagiakan bagi tim-tim Serie A. Dari empat tim yang ikut serta di Liga Champions, semuanya meraih kemenangan.

Dimulai dari Juventus yang tampil lebih dulu pada Rabu (3/10/2018) dini hari WIB. Jawara Serie A ini berhasil menggulung tamunya dari Swiss, Young Boys, dengan skor telak 3-0.

Lalu, ada AS Roma yang juga meraih kemenangan. Edin Dzeko dan kolega berhasil mengalahkan tamunya dari Republik Ceska, Viktoria Plzen, dengan skor yang lebih besar: 5-0.

Sehari berselang giliran Napoli dan Internazionale Milano yang bermain. Di antara keduanya, Napoli menjadi tim yang diragukan untuk meraih kemenangan.

Kendati bermain di San Paolo, Partinopei kudu menghadapi raksasa Inggris, Liverpool. Bukan apa-apa, sepanjang musim ini berjalan, Liverpool belum terhentikan di Premier League. Namun, Napoli membalikkan anggapan dan menang dengan skor 1-0 melalui gol Lorenzo Insigne.

Terakhir ada Inter. Berbeda dengan Juve, Roma, dan Napoli, Inter harus bermain tandang. Lawan yang dihadapi ‘Tim Biru Hitam’ juga tak mudah yaitu juara Eredivisie, PSV Eindhoven.

Tapi, Inter berhasil tampil baik dan memenangi pertandingan dengan skor tipis 2-1. Tertinggal lebih dulu melalui Pablo Rosario, Inter berhasil membalikkan keadaan melalui gol Radja Nainggolan dan Mauro icardi.

Hasil baik yang ditorehkan tim-tim Italia ini merupakan yang pertama sejak November 2005 silam. Kala itu, Juventus, Inter Milan, AC Milan, dan Udinese berhasil meraih kemenangan di matchday V Liga Champions.

Selain itu, kemenangan empat tim Serie A kali ini juga menambah koefisien Italia di peringkat UEFA. Hal itu dikarenakan setiap kemenangan yang diraih pada ajang Liga Champions bernilai dua poin dan untuk hasil seri bernilai satu poin.

Dilansir Footaball Italia, kini Italia naik ke posisi dua peringkat koefisien UEFA dengan nilai 67,440. Italia menyalip Inggris yang saat ini berada di posisi tiga dengan 67,177 angka.

Para Pemain AS ROMA Rayakan Gol Edin Dzeko ke Gawang Plazen.(Photo/ESPN)

Kendati naik ke posisi dua, Italia terpaut cukup jauh dengan posisi pertama Spanyol. Ya, negara beribu kota Madrid itu masih berada di posisi pertama dengan nilai 89,283.

Peringkat koefisien UEFA sendiri dapat menentukan berapa banyak tim-tim yang ikut serta di kompetisi Eropa. Peringkat 1 sampai 3 koefisien UEFA diberi jatah 4 tim ke Liga Champions. Sementara, peringkat 4 hingga 6 hanya mendapat jatah tiga tim untuk Liga Champions, yang mana salah satu timnya harus terlebih dulu melalui babak kualifikasi.

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *