Kementerian Perindustrian Terus Dorong Peningkatan Ekspor Otomotif

Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian RI, saat di acara OTOMOTIF Award 2018 (Dio/GridOto.com)

epicentrum.id –¬†Mitsubishi pada Rabu (3/10/2018) umumkan rencana peningkatan kapasitas produksi tahunan. Hal ini dilakukan untuk merespon permintaan yang besar terhadap Xpander di pasar Indonesia maupun ekspor.

Menurut Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (Ditjen ILMATE) Kemenperin, ekspor otomotif tengah mengalami perkembangan yang bagus.

“Hingga Desember mudah-mudahan ada peningkatan, kalau sekarang kan sekitar tiga koma sekian persen,” ujarnya.

“Prediksinya belum bisa disebukan, tapi kemungkinan masih di bawah 10 persen,” sambung Putu saat berbicara kepada wartawan di Jakarta (3/10/2018).

Sementara itu menurut Airlangga Hartarto, selain Mitsubishi, masih ada beberapa pabrikan yang akan melakukan export ceremony.

“Jadi kemarin sudah ada beberapa yang melakukan export ceremony, kemudian ada beberapa lagi yang akan melakukan hal yang sama,” katanya.

Meski begitu dari beberapa pabrikan yang melakukan eskpor, menurut Airlangga, Mitsubishi yang punya volume paling besar.

“Belakangan ini kan Toyota juga sudah mulai ekspor, kemudian nanti Suzuki akan ada ekspor juga di akhir bulan ini,” ungkapnya pada kesempatan yang sama.

“Kemudian di motor juga akan kami dorong, Yamaha akan mulai ekspor hingga lebih dari 1,5 juta unit. Dan ini akan terus kami tunggu juga yang lain,” tutup Airlangga.

sumber berita

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *