Balikpapan Jadi Pusat Penanganan Pengungsi dan Penerimaan Bantuan Internasional

Pengungsi yang dievakuasi ke Balikpapan di bandara Sepinggan (inibalikpapan.com)

epicentrum.id – Pemerintah Pusat menetapkan Kota Balikpapan sebagai tempat untuk penanganan pengungsi maupun menjadi pusat penerimaan bantuan internasional. Karena ada 18 negara yang akan membantu penanganan gempa dan tsunami Palu dan Donggala.

“Balikpapan dijadikan sebagai tempat dari proses penanganan korban hempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Juga sebagai pusat menerima bantuan dari 18 negara sahabat,” ujarnya.

Empat negara sahabat yakni Malaysia, India, Singapura dan India mengirimkan bantuan angkutan udara.Termasuk bantuan dari Jepang yakni tenda dan treatmen. Begitupun Republik Ceko mengirimkan bantuan genset dan foging.

“Balikpapan juga menjadi pusat angkutan personil, barang da pengungsi atau korban yang sakit,” ujarnya.

Sementara Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyambut positif di tetapkannya Kota Balikpapan sebagai tempat untuk penanganan pengugsi maupun penerimaan bantuan dari sejumlah negara sahabat.

Sejak terjadi gempa dan tsunami, setiap hari ratusan pengungsi dievakuasi di Kota Balikpapan. Pemerintah Kota Balikpapan pun menyiapkan segala kebutuhan mulai dari pakaian, selimut, makanan maupun kebutuhan anakanak.
Pemerintah Kota Balikpapan juga memberikan pendampingan s bagi pengungsi yang mengalami trauma. Termasuk memberikan perawatan medis bagi pengungsi yang mengalami luka.

sumber berita

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *