Berduka atas Gempa Palu, Raja Arab Saudi Salman Siap Bantu RI

Masjid Baiturrahman pascagempa dan tsunami di daerah Taman Ria, Palu, Sulawesi Tengah, Senin, 1 Oktober 2018. (Photo : ANTARA FOTO/Akbar Tado)

epicentrum.id – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud menyampaikan dukacita yang mendalam atas gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala, Palu, dan beberapa wilayah lain di Provinsi Sulawesi Tengah, dan telah menewaskan sedikitnya 824 jiwa. Disebutkan melalui situs resmi Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, Raja Salman menyampaikan ucapan belasungkawa melalui sambungan telepon kepada Presiden Joko Widoo.

Diketahui hingga saat ini, pencarian dan penyelamatan masih dilakukan di lokasi bencana. Diduga masih ada korban yang hilang sehingga jumlah korban masih berpotensi terus meningkat.

Sementara Presiden Jokowi juga sebelumnya sudah menyampaikan bahwa Indonesia terbuka menerima bantuan dari luar negeri agar kondisi di Palu bisa segera dipulihkan.

Pihak Saudi menyatakan, dalam kondisi seperti ini, Arab Saudi siap mendukung termasuk dalam hal materiil bagi korban.

“Seraya memohon kepada Allah SWT untuk mencurahkan rahmatNya bagi para korban jiwa dan segera menyembuhkan korban luka,” kata Raja Salman lewat pengumuman dari Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

Jokowi merespons sangat positif ungkapan Raja Salman itu, yang berstatus Penjaga Dua Kota Suci bagi umat Islam tersebut. Pemerintah dan rakyat, kata dia, berusaha dan bekerja keras agar situasi di Palu bisa cepat diperbaiki.

sumber berita

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *