Resmi, EUFA Tunjuk Jerman Tuan Rumah EURO 2024

Ilustarsi. (sumber/Youtube)

Epicentrum.id, Nyon – Jerman resmi memenangi pertarungan dengan Turki untuk menjadi tuan rumah kejuaraan Piala Eropa atau Euro tahun 2024 mendatang.

UEFA dalam rapat eksekutifnya pada hari Kamis (27/9) di Nyon, Swiss mengumumkan hasil ini, langsung oleh presiden Aleksander Ceferin.

“Terdapat tawaran yang sangat kuat dari dua negara sepakbola besar tetapi sayangnya hanya satu yang bisa menang,” ujar Ceferin.

“Prosedurnya transparan dan suara itu demokratis dan saya percaya setiap keputusan demokratis adalah keputusan yang benar. Saya hanya bisa mengatakan saya menantikan untuk pergi ke turnamen pada 2024.”

Pemenang tiga kali juara Eropa ini pernah menjadi tuan rumah Euro pada tahun 1988, dan juga menggelar Piala Dunia di tahun 1974 dan 2006.

Stadion Olympic di Berlin akan menggelar partai final untuk 24 kontestan gelaran ini, terdapat 51 pertandingan dalam 32 hari masa kompetisi pada Juni hingga Juli mendatang.

Sebanyak sembilan kota lain juga disiapkan oleh Jerman seperti, Cologne, Dortmund, Dusseldorf, Frankfurt, Gelsenkirchen, Hamburg, Leipzig, Munich dan Stuttgart.

Turki sendiri kalah empat kali dalam proses pengajuan mereka menjadi tuan rumah Euro, dimana mereka sebenarnya ingin merayakan hari jadi kemerdekaan ke-100 untuk menggelar turnamen besar pertama di negara tersebut.

Tapi Jerman unggul dalam setiap bidang, mulai dari akomodasi dan infrastruktur transportasi dengan standar yang tinggi. Turki yang sedang mengalami krisis ekonomi diragukan bisa merenovasi bandara, jalur kereta, jalan raya dan stadion.

Mantan kapten timnas Jerman, Philipp Lahm akan menjadi ketua dan duta besar untuk turnamen besar antar negara Eropa ini.

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *