Perlahan tapi Pasti, Kepercayaan Investor ke Ekonomi RI Menguat

ilustrasi (Foto: REUTERS/Beawiharta)

epicentrum.id –¬†Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, memastikan, kepercayaan para investor lokal dan global terhadap perekonomian Indonesia saat ini masih kuat.

Hal itu karena mereka yakin bahwa langkah-langkah kebijakan yang diambil Bank Indonesia dan pemerintah cukup kompatibel, dalam menghadapi berbagai gejolak perekonomian dalam beberapa waktu terakhir.

“Kalau kita komunikasi kepada sejumlah investor besar, baik di Singapura, London, maupun New York, mereka confidence terhadap ekonomi Indonesia itu kuat,” kata Perry di kantornya, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 21 September 2018.

Mengenai aspek apa lagi yang membuat kepercayaan para investor terhadap perekonomian nasional menguat, Perry menjelaskan bahwa sejumlah kebijakan-kebijakan yang ditempuh Indonesia di bidang kebijakan moneter yang preemtif, menjadi salah satu landasan dari hal tersebut.

Selain itu, adanya tindakan ekstra yang dilakukan pemerintah dan BI dalam hal pendalaman pasar valas yang berkelanjutan, kebijakan fiskal yang prudent, dan langkah-langkah konkret pemerintah untuk menurunkan defisit transaksi berjalan, dipandang para investor sebagai langkah yang kredibel.

“Sehingga Indonesia dipandang memiliki prospek yang baik dan dibedakan dengan sejumlah negara emerging market lainnya,” kata Perry.

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya berterima kasih kepada pemerintah, karena koordinasi pemerintah dan BI cukup kuat dan itu terus akan kita lakukan,” ujarnya.

sumber berita

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *