Satu Kartu Merah Dan Dua Penalti Untuk Juventus Membuat Valencia Mati Di Mestalla

Valencia v Juventus berakhir dengan kemenangan tim tamu. (Photo/DiarioAS)

Epicentrum.id. Jakarta – Cristiano Ronaldo harus menelan pil pahit pada debut Liga Champions-nya bersama Juventus. Pada laga perdana Grup H menghadapi Valencia di Mestalla, Kamis (20/9/2018) dini hari WIB, Ronaldo menerima kartu merah dari wasit. Akan tetapi, terusirnya Ronaldo itu tak menghalangi La Vecchia Signora untuk meraih kemenangan 2-0.

Dua gol Juventus itu dicetak oleh Miralem Pjanic (45′ & 51′) lewat titik putih. Dengan hasil ini, Juventus untuk sementara berada di urutan kedua klasemen, kalah selisih gol dari Manchester United yang di pertandingan lain menang 3-0 atas wakil Swiss, Young Boys.

Kembali, nama Paulo Dybala tak tercantum di sebelas awal Juventus. Cristiano Ronaldo dan Mario Mandzukic masih jadi tumpuan di lini depan ‘Si Nyonya Tua’, tetapi kali ini yang jadi pelengkap tridente adalah Federico Bernardeschi. Di tengah, Miralem Pjanic kembali jadi pengatur permainan setelah absen saat melawan Sassuolo, sementara di belakang, Giorgio Chiellini juga kembali untuk mengapteni timnya.

Dari kubu Valencia, pakem 4-4-2 tetap jadi andalan. Rodrigo diduetkan dengan Michy Batshuayi di depan. Mereka disokong oleh Goncalo Guedes, Daniel Wass, Dani Parejo, serta Carlo Soler. Di belakang, Jeison Murillo diduetkan dengan Gabriel Paulista untuk melindungi kiper Neto. Jose Gaya dan Ruben Vezo melengkapi back four milik tuan rumah.

Juventus memang mendapat jatah melakukan sepak mula terlebih dahulu, tetapi Valencia-lah yang pertama kali mengambil inisiatif menyerang. Mereka melakukan pressing ketat dan berupaya mencuri gol cepat lewat tekanan-tekanan dari sisi sayap.

Namun, tekanan hebat Valencia itu tak bertahan lama dan Juventus-lah yang kemudian menguasai jalannya laga. Dalam dua puluh meinit pertama saja mereka berhasil menciptakan empat peluang emas yang kesemuanya diawali oleh serangan sayap kiri. Namun, semua peluang itu urung berbuah gol karena Mandzukic, Sami Khedira, Bernardeschi, dan Blaise Matuidi kurang tenang dalam mengeksekusinya.

Sayangnya, di tengah dominasi itu Juventus justru ketiban petaka. Ronaldo, pemain yang diharapkan mampu mengubah peruntungan mereka di Liga Champions itu, justru menjadi pesakitan. Pada menit ke-29, Ronaldo diusir wasit Felix Brych karena dianggap memukul bek Valencia, Murillo.

Keluarnya Ronaldo itu dimanfaatkan Valencia untuk berbalik menekan Juventus. Namun, rapatnya pertahanan Juventus membuat mereka kesulitan mendapat peluang emas. Satu-satunya peluang yang mereka dapatkan adalah ketika Batshuayi mengecoh Chiellini sebelum melepas tembakan ke gawang Juventus. Namun, tembakan itu masih bisa diamankan dengan mudah oleh Wojciech Szczesny.

Di tengah kepungan Valencia, Juventus sukses melancarkan satu serangan balik yang akhirnya berujung gol. Umpan Alex Sandro dari sayap kiri jatuh ke kaki Joao Cancelo. Mantan bek Valencia itu kemudian melepaskan tendangan yang membentur mistar gawang. Saat berusaha mengambil bola kembali, wajah Cancelo diterjang Parejo dengan kakinya.

Ekspresi raut muka Cristiano Ronaldo sesaat setelah mendapat kartu merah .(Photo/EveningStandard)

Brych pun lantas menunjuk titik putih. Pjanic yang jadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan itu dan membuat Juventus menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Balik dari kamar ganti, Juventus langsung menunjukkan hasrat untuk menambah keunggulan. Hasilnya pun instan karena baru empat menit babak kedua berjalan, penalti kembali diberikan kepada Juventus. Mandzukic dijatuhkan Murillo di kotak penalti, Brych menunjuk titik putih, dan Pjanic lagi-lagi sukses membobol gawang Neto.

Usai mencetak gol kedua, Juventus benar-benar mengubah pendekatan bermainnya. Pjanic ditarik keluar untuk digantikan oleh Douglas Costa. Dengan begini, Juventus bertahan semakin dalam dan betul-betul mengandalkan serangan balik untuk mengancam pertahanan Valencia. Di situasi ini, Valencia mendapat beberapa peluang, tetapi tak ada satu pun yang benar-benar membuat gawang Szczesny terancam.

Setelah terus-terusan menyerang, Valencia akhirnya mendapat kesempatan untuk memperkecil ketertinggalan lewat penalti Parejo. Penalti diberikan setelah Daniele Rugani dianggap melanggar seorang pemain Valencia. Namun, Szczesny dapat membaca tembakan Parejo dengan baik. Hasilnya, keunggulan 2-0 itu tetap bertahan untuk Juventus dan tiga poin berhasil direbut.

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *