Surya Paloh Kebakaran Jenggot, Nasdem Siap Somasi Rizal Ramli

Respon Partai NasDem Setelah Disebut Rizal Ramli Sebagai Biang Kerok Melemahnya Rupiah. (Foto/TribunMedan)

Epicentrum.id, Jakarta – Tim Advokasi Partai NasDem akan menyampaikan somasi (teguran terhadap calon tergugat) kepada Dr Rizal Ramli (RR), mantan Menko dua zaman (Gus Dur dan Jokowi). RR menanggapinya dengan kalem sambil menunggu surat somasi itu sampai di tangannya.

Somasi Nasdem tertuju pada pernyataan RR yang menuding Ketua Umum NasDem Surya Paloh telah menekan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sehingga tak menegur Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita terkait impor.

Dalam pernyataannya di program Indonesia Business Forum TVOne beberapa hari sebelumnya, Rizal menyebut Enggar melakukan impor secara berlebihan, sehingga membuat rupiah melemah terhadap dolar AS. Pernyataan Rizal Ramli keluar saat dihubungi presenter IBF yang membahas anjloknya nilai tukar rupah terhadap dollar AS.

Menurut Rizal, Enggar melebihkan impor garam 1,5 juta ton, impor gula ditambahkan 2 juta ton, impor beras ditambah 1 juta ton. Hal itu membuat petani di dalam negeri menjerit, terutama petani garam.

“Saya katakan Pak Jokowi, panggil saya aja, biar saya yang tekan Surya Paloh, karena ini br*ngsek, impor naik tinggi sekali, petani itu dirugikan, petambak diugikan, akibatnya selektabilitas Pak Jokowi juga merosot digerogoti,” tambah Rizal.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan pernyataan RR memenuhi unsur delik dalam dua pasal KUHP. Keduanya terkait dengan perusakan kehormatan orang lain dengan sengaja.

“Yang pertama, pasal 310 ayat 1 KUHP, dengan sengaja merusak kehormatan orang lain, menuduh melakukan suatu perbuatan yang tuduhan itu telah tersiar,” katanya.

Yang kedua, ia mengatakan tudingan Rizal telah memenuhi delik dalam pasal 311 KUHP tentang kejahatan penistaan dengan tulisan.

Pelanggaran terhadap pasal-pasal tersebut di atas diancam dengan hukuman empat tahun penjara. Hermawi mengatakan pernyataan RR soal Presiden Jokowi dan Surya Paloh itu juga ditulis di akun Twitter miliknya.

Dalam somasinya, Nasdem menunggu pertanggungjawaban RR berupa permintaan maaf dan menarik ucapannya. Jika keduanya tak dipenuhi RR dalam tempo 3×24 jam, maka NasDem akan melakukan proses hukum lebih lanjut.

“Kami akan lakukan berbagai upaya hukum yang sah dan legal di antaranya, gugatan membuat laporan ke bareskrim dst. Tapi kami harap somasi kami direspons dengan akal. Agar persoalan ini menjadi pelajaran bagi kita semua. Mulut itu harus dijaga,” kata Hermawi.

Menurut rencana, somasi itu akan dilayangkan hari ini Rabu (12/9/18). [Muslim]

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *