Kader Demokrat Dan Para Gubernur Memilih Dukung Jokowi-Ma’ruf

Epicentrum.id – Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat, telah mengusung Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno untuk maju di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Namun, keinginan partai tersebut tampaknya tak diikuti oleh kader-kadernya.

Beberapa kader mencoba menyeberang dan justru memberikan dukungan kepada pasangan Jokowi dan KH Ma’ruf Amin. Beberapa kader Partai Demokrat telah menyatakan mendukung Jokowi-Ma’ruf, di antaranya; Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Zainul Majdi (TGB), yang juga telah menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai kader per tanggal 19 Juli 2018.

Disusul kemudian Deddy Mizwar, yang kini resmi menjadi juru bicara Jokowi-Ma’ruf. Kemudian ada nama Lukas Enembe. Gubernur Papua ini juga terang-terangan menyatakan seluruh kader Partai Demokrat di Papua mendukung pasangan bakal capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

“Saya sudah sampaikan kepada Pak Sekjen (Demokrat), ini semua kader Demokrat, baik bupati semua dukung Jokowi. Sudah saya kasih tahu begitu,” kata Lukas Enembe.

Kemudian kader Demokrat lainnya yang dikabarkan merapat adalah Wahidin Halim, yang merupakan Gubernur Banten. Hal ini disampaikan Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf wilayah Banten, Asep Rahmatullah.

Namun, Ketua DPP DPP bidang Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, sempat menepisnya.

“Pak Wahidin Halim sudah kami konfirmasi, beliau menyangkal dan tidak pernah dihubungi untuk memasukkan namanya,” jelas Ferdinand.

Selain itu, Wasekjen Demokrat Andi Arief, melalui cuitan Twitternya Minggu 9 September 2018, ada 5 DPD Demokrat telah menyatakan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf. Namun, yang tak bersangkutan tak menjelaskan mana saja yang sudah.

Tokoh lain

Selain itu, ada beberapa tokoh yang pada Pilkada 2018 didukung partai koalisi Prabowo-Sandiaga, tapi kini justru menyeberang memberikan dukungan ke Jokowi-Ma’ruf. Mereka di antaranya; Ridwan Kamil, yang secara tegas dan gamblang mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Kemudian disusul oleh Khofifah Indar Parawansa, yang juga disebut memberikan dukungan. “Sangat penting RK sama Bu Khofifah,” tegas Ketum PKB Cak Imin.

Gubernur Sumatera Selatan terpilih Herman Deru, juga memberikan dukungan kepada Jokowi. Dia pun menyerukan untuk masyarakat memberikan dukungan juga.

“Tidak ada kata perintah instruksi di sini. Tapi memohon agar kita semua untuk memenangkan Bapak Jokowi-KH Ma’ruf Amin di Sumsel,” ucap Herman. [Sumber]

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *