Bekraf-BEI Luncurkan GSI, Dukung Pertumbuhan Startup

Epicentrum.id – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerja sama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan platform Go Startup Indonesia (GSI). GSI dapat pula diterjemahkan sebagai “Government Support for startups in Indonesia”.

Kepala Bekraf Triawan Munaf menuturkan, GSI akan mendorong literasi finansial untuk startup, sehingga arah dan pengembangan bisnis startup dirancang sejak awal. Pasalnya, pada tahap awal, founder perusahaan rintisan umumnya lebih fokus pada aspek teknis dibandingkan aspek manajerial, administrasi, dan keuangan.

“GSI ini merupakan suatu semangat dan gerakan bersama Bekraf dan BEI untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem yang kondusif bagi startup di Indonesia, khususnya pada sektor ekonomi kreatif di berbagai tingkatan siklus usaha rintisan,” ujar Triawan di Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Dia berharap kehadiran GSI bisa menjadi jawaban dan solusi bagi startup menghadapi tantangan dan permasalahan untuk maju dan berkembang. GSI dengan program CreaX (Creative Exchange for Startup) akan memberikan alternatif tujuan kepada startup yang lebih realistis dan dapat direplikasikan sebagai salah satu solusi akses permodalan bagi perusahaan rintisan melalui go public.

“Melalui program CreaX, Bekraf dan BEI mendorong perusahaan rintisan untuk scale up dengan menjadi perusahaan terbuka di bursa. Memang tidak mudah membawa startup melantai di BEI, oleh karena itu diperlukan kerja sama dan sinergi yang baik dengan berbagai pihak dalam menciptakan ekosistem kondusif bagi startup,” terangnya.

Bekraf melalui GSI akan melakukan roadshow ke beberapa kota besar di Tanah Air (Medan, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Makassar, Bandung, dan Jakarta) untuk memberikan mentoring dan kompetisi pitching di kalangan komunitas startup.

Pemenang kompetisi pitching berkesempatan mengikuti program inkubator dan mentoring pada Supercamp untuk mempersiapkan para finalis dari masing-masing kota untuk menghadapi final kompetisi yang akan dilaksanakan pada Indonesian Capital Day di Surabaya.

Pemenang kompetisi GSI juga akan mengikuti program inkubator lebih lanjut dan terhubung dengan komunitas startup dsn investor global dengan mengikuti kompetisi pitching di level global.

GSI tengah mengembangkan website GostartupIndonesia yang akan memfasilitasi kebutuhan startup dari hulu ke hilir. Meski dalam proses pengembangan, website ini dapat diakses di www.v2.gostartupindonesia.id. Melalui website ini, para startup akan terhubung pada ekosistem startup Indonesia. Selain update berita, acara, pelatihan, dan kesempatan kerja bagi startup, terdapat juga forum diskusi yang bisa diakses oleh startup, komunitas, mentor, dan investor.

Selain itu, GSI fokus mendorong pertumbuhan jumlah investor lokal untuk berinvestasi pada startup lokal yang memiliki prospek baik. Melalui Investor Relation Unit, edukasi terhadap investor juga menjadi perhatian GSI. Hal ini mengingat investasi pada startup memiliki risiko dan karakteristik yang berbeda dengan investasi pada sektor riil.

“Platform ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah investor yang berinvestasi dan bertransaki di pasar modal dan mendorong semakin banyak startup yang akan go public di Bursa Efek Indonesia,” pungkasnya. [Sumber]

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *