Pahlevi Pangerang Resmi Jabat Ketua Pusat KUD Kaltim pada RAT ke-37

epicentrum.id – Pusat Koperasi Unit Desa (KUD) Provinsi Kalimantan Timur menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-37, Rabu, (5/9/2018) malam di Hotel Blue Sky, Balikpapan..

Pelaksanaan RAT dihadiri Kepala Disperindagkop Kaltim, Kepala Bidang Organisasi dan Kelembagaan Induk KUD Pusat, Pelaksana Harian Pusat KUD Kaltim sera seluruh pengurus Pusat KUD Kaltim.

Acara dimulai dengan sambutan-sambutan dan dilanjutkan dengan pleno penjabaran tata tertib RAT, Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pengurus dan pemilihan ketua terpilih.

Dalam sidang pleno tersebut, HMA. Pahlevi Pangerang terpilih sebagai ketua Formatur Rapat Anggota Tahunan (RAT) XXXVII Pusat KUD Kaltim.

Dalam sambutannya, Ketua Formatur terpilih Pusat KUD Kaltim, Pahlevi Pangerang mengatakan, pelaksanaan RAT seharusnya pada 2017 lalu, namun terkendala semenjak ditinggal ketua umumnya yakni almarhum Syahruddin.

“Kita sadar melaksanakan RAT ini terlambat semenjak ditinggal wafat ketua kita. Semenjak itu banya pengurus yang tidak aktif. Tapi kami inisiasi, walaupun terlambat ttap harus dilaksanakan. Karena RAT ini merupakan kewajiban organisasi,” ujarnya.

Dijelaskan, dari 174 KUD yang ada di Kaltim, sebagian besar sudah tidak aktif lagi, sehingga ia berharap pelaksanaan RAT ini menjadi momentum revitalisasi agar KUD di Kaltim dapat hidup kembali.

“Revitalisasi organisasi menjadi program utama pada Rapat Anggota Tahunan kali ini,” jelasnya.

Ditambahnya, dalam pelaksanaan RAT ini, terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan organisasi koperasi yakni taat administrasi, taat organisasi dan taat usaha. Dirinya berharap Pusat KUD Kaltim kedepan perlu adanya moderenisasi manajemen demi kemajuan Pusat KUD Kaltim.

Selain itu, Pahlevi meminta Disperindagkop Kaltim dan Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Kaltim sebagai pembina Pusat KUD dapat berjalan bersama membangun organisasi koperasi.

“Kita berharap dapat mengembalikan marwah KUD yang dulu pernah jaya,” harapnya.

Pada kesempatan sama, Ketua Bidang Organisasi dan Kelembagaan Induk KUD, Toto iskandar meminta kesadaran para anggota Pusat KUD Kaltim untuk pro aktif membangun komunikasi ke Disperindagkop Kaltim sebagai pembina Pusat KUD Kaltim dalam hal program usaha dan perkoperasian yang akan dijalankan.

Dia menegaskan, siapapun pemimpinnya, Pusat KUD Kaltim harus kompak dan selalu solid dalam menjalankan roda organisasi koperasi ini. Selain itu, dirinya juga meminta Disperindagkop Kaltim dapat membina Pusat KUD Kaltim dalam menjalankan programnya.

Terpisah, Kepala Disperindagkop Kaltim, Fuad Assadin mengapresiasi kegiatan RAT tersebut. Menurutnya, walaupun terlambat, pengurus Pusat KUD Kaltim sudah belerja maksimal dalam menjalankan organisasi koperasi ini.

“Saya apresiasi pelaksanaan RAT ini, ini bukti kalau pengurus masih perhatian terhadap organisasi ini,” pungkasnya.

Diketahui, Pusat KUD Kaltim merupakan organisasi koperasi di bawah naungan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Kaltim. Usai acara RAT ke-37 juga dilaksanakan seminar dan workshop yang digelar oleh Dekopin Pusat melalui Dekopinwil Kaltim.

Acara seminar dan workshop Dekopinwil Kaltim tersebut akan dilaksanakan pada Kamis, (6/9/2018) besok, sekitar pukul 08.00 Wita.

sumber berita

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *