Scott Morrison Terpilih Sebagai Perdana Menteri Baru Australia

Scott Morrison terpilih sebagai Perdana Menteri Baru Australia. (Photo/TVNZ)

Epicentrum.id, Canbera – Scott Morrison menjadi perdana menteri baru Australia setelah memenangkan pemilihan Ketua Partai Liberal. Morrison menjadi PM Australia ke-30 setelah Partai Liberal sepakat untuk mencopot Malcolm Turnbull.

Morrison, sekutu mantan PM Malcolm Turnbull menjadi Ketua Partai Liberal dengan perolehan suara 45-40 melawan mantan Menteri Dalam Negeri Peter Dutton.

Ada tiga calon dalam pemilihan yang digelar Jumat (24/8), yakni mantan Mendagri Peter Dutton, yang kalah tipis dalam pemilihan sebelumnya melawan Turnbull, Selasa, Menteri Luar Negeri Julie Bishop dan Menteri Keuangan Morrison. Bishop mundur setelah menempati peringkat ketiga dalam pemilihan pertama.

Menteri Energi Josh Frydenberg terpilih sebagai Wakil Ketua menggantikan Bishop.

Kepemimpinan Turnbull diguncang setelah Partai Liberal berulang kali kalah dalam jajak pendapat dari oposisi Partai Liberal.

Dia sempat menang dari Dutton dalam pemilihan ketua partai pada Selasa. Namun kehilangan dukungan dari sejumlah menteri senior, Kamis (23/8).

Sejak 2015, Morrison menjabat sebagai bendahara Turnbull. Dirinya dipercaya mengawasi program ekonomi yang berurusan dengan defisit kas pemerintah dan penurunan pertambangan Australia.

Morrison merupakan salah satu anggota dari fraksi moderat, dirinya mendapatkan dukungan sebagai alternatif Turnbull dengan dukungan kepercayaannya sebagai mantan Menteri Imigrasi yang mengeksekusi kebijakan perbatasan yang ketat.

Turnbull akan keluar dari parlemen, meninggalkan Morrison dengan masalah pemilihan dimana satu partai bergantung kepadanya. [Cni]

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *