Siman Gagal Meraih Medali Di Nomer 50 Meter Gaya Punggung

Perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa saat berlaga di Kolam Renang Aquatik asian Games GBK, Jakarta, senin (20/08/2018). Siman gagal meraih medali di nomer 50 meter gaya punggung. (Photo/Epicentrum.id)

Epicentrum.id, Jakarta – I Gede Siman Sudartawa tidak mampu meraih medali dari cabang olahraga renang Asian Games 2018. Dia hanya menduduki posisi lima pada nomor 50 meter gaya punggung dengan catatan waktu 25,29 detik di Stadion Akuatik, Senin (20/8/2018).

Catatan waktu Siman kalah dari perenang Tiongkok yang meraih emas Asian Games, Jiayu Xu, dengan catatan waktu 24,75 detik. Dilihat dari data, gerakan pertama Siman dari start terlambat 0,8 detik. Sedangkan Jiayu Xu hanya 0,1 detik.

Kekalahan tersebut membuat Siman terpukul. Tatapan kosong terpancar dari raut wajahnya ketika melewati kerumunan wartawan yang menunggunya. Tentu saja, ini tak seperti Siman yang biasa mengumbar senyum.

Pelatih renang Albert C Susanto mengungkapkan, Siman sangat terpukul. Kepada media, Albert menceritakan perasaan hati Siman usai gagal mendulang medali emasAsian Games saat disaksikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Sampai ruang ganti, dia belum peregangan. Langsung rebahan, tutup mukanya dengan handuk dan langsung nangis,” kata Albert.

Kesalahan

Lebih lanjut, Albert mengatakan, dari analisanya sebagai pelatih, Siman mengulang kesalahannya di babak kualifikasi. Siman berenang terlalu rapat dengan pembatas.

“Kita lihat dia terlalu dekat dengan pembatas. Bahkan, dia sempat beberapa kali menabrak pembatas,” ucapnya.

Ini menjadi kali kedua Siman gagal medulang medali untuk Indonesia di Asian Games 2018. Sehari sebelumnya, dia gagal di nomor 100 meter gaya punggung gara-gara membentur dinding.

Kurang Fokus

Albert menilai fokus Siman sedang terganggu selama Asian Games 2018. Padahal, sebagai pelatih, Albert telah berulang kali mengingatkan Siman menjaga konsentrasinya.

“Saya tidak tahu apa yang menyebabkannya gagal fokus. Semalam, dia juga sempat minta saya menemani tidurnya. Saya tidak cari apa yang membuatnya begitu gugup. Mungkin setelah ini, saya akan tanya dia,” ucap Albert mengakhiri. (BLA)

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *