Timses Jokowi-Ma’ruf Sudah Lengkap Tapi Belum Ada Ketua, Ada Apa?

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin (vivacoid).

Epicentrum – Di berbagai grup whatsapp, beredar nama-nama tokoh nasional dari kalangan politisi, akademisi, pengusaha dan aktivis yang tercantum dalam sebuah draft surat keputusan Struktur Tim Kampanye Nasional Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin (MA).

Tim sukses Jokowi-MA terdiri dari 11 direktorat dan satu tim khusus. Yang menarik, tim ini sudah memiliki sekretaris yang dijabat Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dan bendahara yang dijabat pengusaha industri telekomunikasi, Sakti Wahyu Trenggono, namun tim ini belum memiliki ketua.

Hal ini tentu menimbulkan pernyataan. Semua bagian sudah memiliki tim lengkap, bahkan Wapres JK yang sebelumnya menolak masuk timses Jokowi-MA, akhirnya menerima tawaran sebagai Ketua Dewan Pengarah. Ada persoalan apakah?

Nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang sempat digadang-gadang sebagai calon wapres pendamping Jokowi, Moh Mahfud MD, beredar sebagai calon kuat Ketua Timses Jokowi-MA, namun yang bersangkutan tegas menolak.

Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko, Kepala Staf Presiden dan mantan Panglima TNI juga sempat diisukan menjadi Ketua Timses. Kenyataannya, alumni Akmil 1981 ini hanya menjadi wakil ketua bersama para elit partai pendukung, yaitu Lodewijk F Paulus (Sekjen DPP Golkar), Abdul Kadir Karding (Sekjen DPP PKB), Johnny G Plate (Sekjen DPP Nasdem), Arsul Sani (Sekjen DPP PPP), Herry Lontung Siregar (Sekjen DPP Hanura), Hajriyanto Y Thohari (Korbid Penggalangan Khusus Golkar), dan Eriko Sotarduga (Wasekjen DPP PDIP).

Tim juru bicara terdiri dari Ahmad Basarah, Arief Budimanta dan mantan Johan Budi (eks jubir KPK dan Presiden) dari PDIP, Ace Hasan Syadzily dari Partai Golkar, Irma Suryani Chaniago dari Nasdem, Abdul Kadir Karding dari PKB, Arya Sinulingga dari Partai Perindo, serta Lena Maryana Mukti dari PPP.

Adapun 11 direktur tersebut adalah:

  • Direktur Program: Aria Bima (PDIP)
  • Direktur Konten: Tb Fiki Satari
  • Direktur Komunikasi Politik: Usman Kansong
  • Direktur Kominfo: Yadi Hendriyana
  • Direktur Kampanye: Benny Rhamdani
  • Direktur Penggalangan Pemilih Muda: G Adi Kusuma
  • Direktur Penggalangan dan Jaringan: Noor Achmad
  • Direktur Logistik dan APK: Marsda TNI (Purn) Usra Hendra Harahap
  • Direktur Hukum dan Advokasi: Ade Irfan Pulungan
  • Direktur Saksi: Arif Wibowo (PDIP)
  • Direktur Relawan: Maman Imanul Haq

Nama-nama terkenal seperti Koordinator Relawan Golkar Jokowi (GoJo) Rizal Mallarangeng, Wakil Ketua PSI Isyana Bagoes Oka dan tokoh Muhammadiyah Imam Addaruqutni masuk dalam daftar tim khusus.

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *