Qatar Lakukan Investasi langsung Kepada Turki Senilai USD 15 miliar

Bursa Efek Qatar. (Photo/Aljazeera)

Epicentrum.id, Doha – Qatar akan melakukan investasi langsung USD 15 miliar atau setara Rp 218,86 triliun (kurs USD 1 = 14.591) di Turki. Informasi ini muncul usai pertemuan kenegaraan antara Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Turki.

“Qatar berkomitmen menanamkan investasi langsung USD 15 miliar di Turki,” tweet Juru Bicara Kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin seperti dikutip situs berita Turki, Anadolu Agency, Kamis (16/8).

“Hubungan Turki dan Qatar dibentuk dari ketulusan persahabatan dan solidaritas,” tambahnya.

Menurut Kantor Kepresidenan Turki, pertemuan antara Erdogan dan al-Thani juga saling bertukar padangan terkait hubungan bilateral dan pengembangan kawasan selama tiga jam pertemuan.

Duta Besar Qatar untuk Turki Salem bin Mubarak Al-Shafi dalam wawancara dengan Anadolu Agency menegaskan Qatar selalu aktif mendukung sahabatnya, Turki.

“Kita menegaskan hubungan persahabatan antara orang Turki dan Qatar terjalin dengan erat dalam menghadapi tantangan yang ada,” tambahnya.

Selanjutnya, al-Thani dalam twitternya menegaskan Turki adalah saudara, yang berdiri bersama Qatar.

Al-Thani menambahkan bila paket investasi USD 15 miliar dari Qatar memiliki manfaat ekonomi yang produktif, kuat dan baik bagi Turki.

Membalas kunjungan al-Thani, Erdogan menegaskan pertemuannya dengan sang Emir sangat positif dan produktif. Erdogan mengucapkan terimakasih terhadap dukungan al-Thani dan rakyat Qatar.

“Hubungan persabahatan dengan Qatar akan diperkuat di beberapa sektor,” tweet Erdogan.

Masuknya investasi Qatar bertepatan pelemahan mata uang Turki, lira. Lira selama Agustus terdepresiasi 30 persen atau melemah lebih 40 persen sejak awal tahun.

Jatuhnya nilai tukar lira terhadap dolar Amerika Serikat (AS), setelah Presiden Donald Trump menetapkan tarif tambahan terhadap produk baja dan aluminium Turki, kemudian diperparah dengan langkah Presiden Erdogan yang enggan menaikkan suku bunga di tengah tingginya inflasi.[Kum]

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *