Rocky Gerung: Jokowi Tak Sanggup Mempertahankan Integritas

Jokowi dan Ma’aruf Amin (Photo: ANTARA Foto/Puspa Perwitasari)

epicentrum.id – Pemerhati politik Rocky Gerung menilai peristiwa politik penentuan calon wakil presiden untuk Joko Widodo pada pekan lalu sebagai sebuah pameran sikap imoralitas. Sebab Joko Widodo sebelumnya telah memilih pilihan sendiri, yaitu Mahfud MD, tetapi dia mengubah keputusan itu hanya karena tekanan dari koalisi partai politik pendukungnya.

“Anda bayangkan, seorang presiden, pada saat terakhir tidak bisa mempertahankan integritasnya,” kata Rocky dalam program Indonesia Lawyers Club tvOne yang bertajuk Antara Mahar dan PHP pada Selasa malam, 15 Agustus 2018.

“Jadi bagaimana mungkin dia dalam situasi yang mungkin lebih berbahaya dia dapat tangguh menghadapi. Dalam duel internasional, misalnya, dalam negosiasi,” ujarnya.

Pemerhati politik Rocky Gerung dalam forum diskusi bertajuk Gerakan Rasional Indonesia di kota Padang, Sumatra Barat, pada Senin, 9 Juli 2018. (VIVA/Andri Mardiansyah)

 

Pada dasarnya, menurut Rocky, Jokowi memiliki kesempatan dan otoritas untuk mempertahankan sikapnya dan tidak tunduk atas desakan partai dalam koalisi. Apalagi dia dalam kapasitasnya bukan hanya sebagai calon presiden, tetapi malahan presiden yang masih berkuasa.

“Jadi, kita baca dalam psychogram, bahwa Pak Jokowi itu lemah. Yang terhina adalah moralitas publik,” katanya.

sumber berita

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *