Menteri Norwegia Mundur Dari Jabatannya Setelah Pulang Dari Iran

Per Sandberg. (Photo/E24)

Epicentrum.id, Jakarta –┬áMenteri Perikanan Norwegia, Per Sandberg (58), mengundurkan diri pada Senin (13/8) setelah membuat pengakuan bahwa ia telah melanggar protokol keamanan pemerintah selama berlibur ke Iran bulan lalu. Sandberg diketahui menggunakan ponsel yang diberikan oleh pemerintah selama berada di Iran.

Sandberg juga disebut tidak melaporkan perjalanannya tersebut kepada kantor perdana menteri. Atas kejadian tersebut, Sandberg langsung mendapat teguran dari Perdana Menteri Erna Solberg karena dianggap melanggar aturan perjalanan kabinet.

Pemerintah Norwegia memang mewajibkan para menterinya untuk mengabarkan ke mana mereka pergi kepada kantor perdana menteri, apapun tujuan perjalanan tersebut. Selain itu, penggunaan ponsel yang diberikan pemerintah Norwegia di negara-negara yang tidak memiliki kerja sama keamanan juga dilarang.

Tak hanya itu, Sandberg juga mendapat kritik dari tubuh partainya karena melakukan perjalanan dengan pacarnya, Bahareh Letnes (28). Bahareh merupakan wanita kelahiran Iran yang baru menjadi warga Norwegia sekitar satu dekade yang lalu.

Perjalanan Sandberg ke Iran tersebut juga berdampak pada survei pemerintah Solberg yang merosot setelah berita tersebut muncul. Meskipun, Solberg mengaku telah meminta Sandberg menyerahkan ponselnya ke polisi untuk pemeriksaan keamanan, namun kritik dari kubu oposisi yang mempertanyakan kompetensi pemerintah pada isu keamanan nasional masih muncul.[Kum]

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *