Ethan Sonneborn, Remaja 14 Tahun Yang Bersiap Maju Pada Pemilihan Gubernur

Ethan Sonneborn. (Photo/VOA)

Epicentrum.id, Montpelier – Apa yang kita lakukan di usia 14 tahun? Ada yang asyik main bola di lapangan, mengejar layangan, atau mancing ikan di kali. Tapi tidak bagi remaja di Amerika Serikat (AS) ini, di usia 14 tahun dia mencalonkan diri jadi gubernur.

Adalah Ethan Sonneborn yang menyatakan maju menjadi gubernur negara bagian Vermont. Dikutip dari AFP, Selasa (14/8), Ethan bisa jadi cagub karena memanfaatkan celah pada peraturan pemilihan gubernur di Vermont, yaitu tidak adanya batas usia minimum.

Berdasarkan peraturannya, cagub Vermont hanya harus telah tinggal di wilayah itu dalam empat tahun terakhir. Sementara Ethan telah seumur hidup tinggal di Vermont, layak jadi cagub untuk pemilihan 14 Agustus waktu setempat.

Dalam situs pribadinya, Ethan mengaku memihak keluarga kelas menengah dan pekerja. Misi remaja yang belum lulus SMA ini adalah reformasi jaminan kesehatan, pembangunan ekonomi, dan pendidikan.

“Saya adalah kandidat yang paling tepat mewakili perubahan yang kita perlukan,” kata Ethan dalam kampanyenya.

Ethan Sonnebornn saat diwawancarai Televisi lokal. (Photo/Burlington Free Press).

Berada bersama Partai Demokrat, Ethan akan berhadapan dengan calon gubernur dewasa. Di antaranya adalah Christine Hallquist, yang mengincar gelar gubernur transgender Amerika pertama, James Ehlers, veteran perang dan aktivis lingkungan, dan Brenda Siegel, direktur eksekutif sebuah festival dansa.

Namun tantangan terbesar Ethan datang dari Phil Scot, Gubernur Vermont dari Partai Republik yang akan maju lagi dalam pemilihan. Scot mendesak para anggota parlemen mengubah undang-undang pilgub Vermont agar Ethan tidak bisa maju.

“Setidaknya kau harus punya SIM untuk bisa jadi gubernur,” kata Scot.[Kum]

 

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *