LRT Palembang Sering Mogok, Pemerintah Ambil Langkah Antisipasi

lrt palembang

Epicentrum.id –┬áKereta ringan atau light rail transit (LRT) kini menjadi alat transportasi kebanggaan Kota Palembang. Bagaimana tidak, LRT ini merupakan LRT pertama yang beroperasi di Indonesia.
Selain pertama di Indonesia, infrastruktur yang dibangun untuk menyambut Asian Games ini juga diklaim satu-satunya LRT di dunia yang melintas di atas sungai.
Namun, ada catatan buruk pada LRT Palembang. LRT yang belum lama diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tercatat beberapa kali mogok.
===
Menyikapi kejadian berhenti mendadak LRT Sumsel yang kembali terjadi pada Minggu Sore, 12 Agustus 2018, Pemerintah kembali menyatakan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat pengguna LRT Sumatera Selatan atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan pada saat pengoperasian LRT Sumsel.
Saat ini, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan stakeholder terkait masih mengadakan penyelidikan secara mendalam terkait kejadian tersebut.
Sebagai informasi, LRT Sumsel yang berangkat dari stasiun DJKA menuju Stasiun Bandara SMB II berhenti secara mendadak di tengah antara Stasiun Jakabaring dan Stasiun Polresta. Sebagai bagian dari penanganan kejadian tersebut, dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan untuk evakuasi dengan sarana LRT berikutnya, SDM Perkeretaapian yang bertugas mengevakuasi penumpang dengan berjalan melalui jalur walkway menuju Stasiun Jakabaring dan Stasiun Polresta.
Dari penyelidikan awal ditemukan indikasi bahwa terjadi shortcircuit pada sistem kelistrikan sarana LRT Sumsel. Sejak awal pembangunan LRT Sumsel ini mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan.
Dan saat kejadian shortcircuit tersebut, sistem kelistrikan antara Stasiun Jakabaring dan Stasiun Polresta dimatikan, sehingga operasional LRT Sumsel berhenti.
“Terkait beberapa permasalahan yang terjadi berulang kali pada pengoperasian LRT Sumsel ini, Pemerintah akan segera mengevaluasi secara keseluruhan operasional LRT Sumsel,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri, dalam keterangan tertulis, Senin (13/8/2018).
Menurutnya, evaluasi ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap perbaikan kinerja operasional LRT secara keseluruhan yang berdampak pada peningkatan performa kinerja operasional LRT Sumsel terutama dalam rangka mendukung perhelatan Akbar Asian Games ke-18 yang sebentar lagi akan diselenggarakan di Kota Palembang.
“Atas kekurangan yang terjadi pada pengoperasian LRT Sumsel ini, Pemerintah juga berharap, agar masyarakat bersabar dan tetap memberikan dukungan untuk LRT Sumsel ini yang merupakan hasil karya putra-putri terbaik Indonesia, sehingga LRT ini tetap menjadi kebanggaan kita bersama,” ujarnya.
=====
Kereta light rail transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan mogok pada Minggu 12 Agustus 2018. Kereta berhenti mendadak di tengah lintasan di stasiun Jakabaring. Dugaan sementara karena masalah arus pendek listrik pada kereta.
Kepala Proyek LRT Palembang Mashudi Jauhar mengatakan, begitu terjadi arus pendek, pasokan listrik ke kereta segera terhenti karena mati.
“Artinya listrik mati iya, kenapa listrik mati, karena terjadi arus pendek di kereta sehingga memang listrik harus mati,” katanya Minggu malam, (12/8/2018).
Namun dia memastikan tidak ada kendala pada infrastruktur kelistrikan. Pasalnya begitu penumpang dievakuasi, listrik langsung dinyalakan kembali. Setelah itu kereta mogok ditarik ke depo.
“Dalam evakuasi itu listrik memang tidak nyala, artinya mati. Dia dievakuasi di stasiun terdekat. Setelah semua penumpang dievakuasi ke stasiun terdekat, listrik kembali dinyalakan, dan kerata ditarik ke depo,” lanjutnya.
Saat ini investigasi masih dilakukan untuk mengetahui penyebab menyeluruh kereta mogok. Namun dia tak bisa memastikan berapa lama investigasi dilakukan.
“Masih dalam proses investigasi. Jadi ada sedikit permasalahan yang menyebabkan listriknya di third rail, rail ketiga, jadi arus listriknya menjadi shutdown, sehingga ada tindakan evakuasi karena memang prosedurnya seperti itu,” tambahnya.
Sumber

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *