Sidang Uji Materi Jabatan Wapres Tunggu Putusan Sengketa Pilkada

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Photo : VIVA.co.id/Fajar GM)

epicentrum.id –¬†Mahkamah Konstitusi (MK) hingga hari ini belum menjadwalkan sidang lanjutan perkara uji materi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 terkait dengan ketentuan jabatan wakil presiden yang diajukan oleh Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Dimana Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi pihak terkait.

“Belum ada agenda lagi untuk sidang lanjutan perkara tersebut,” kata juru bicara MK Fajar Laksono, Rabu 8 Agustus 2018.

Menurut Fajar saat ini MK sedang fokus menyidangkan perkara perselisihan hasil pemilihan (PHP) pilkada serentak 2018. Sesuai jadwal mulai Kamis hingga Jumat, 8-9 Agustus 2018, MK akan memutus 43 perkara pilkada tersebut.

“Saat ini kan ada perkara sengketa pilkada serentak yang sedang berlangsung. Ini tidak bisa dikesampingkan,” jelasnya.

Sebelumnya Partai Perindo selaku pemohon menyatakan pengajuan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai satu pasangan dalam Pemilu 2019 mendatang terkendala dengan adanya frasa a quo, dikarenakan Jusuf Kalla sudah pernah menjabat sebagai wakil presiden pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sejak 2004 hingga 2009, dan saat ini menjadi wakil presiden Joko Widodo.

Permohonan ini masuk dalam registrasi di MK dengan nomor 60/PUU-XVI/2018 dengan menguji Pasal 169 Huruf (n) undang undang Pemilu terhadap Pasal 7 UUD 1945, terkait dengan masa jabatan presiden dan wakil presiden. Terutama frasa belum pernah menjabat dalam jabatan yang sama selama dua kali masa jabatan, baik berturut turut maupun tidak berturut turut.

sumber berita

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *