Caleg DPD Papua Punya Harta 20 Triliun, KPU: Itu Domain KPK

Epicentrum.id – Bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Papua, Wilhelmus Rollo, mengklaim memiliki harta lebih dari Rp 20 triliun, tepatnya Rp 20.005.765.593.909.

Jumlah tersebut, berdasarkan laporan harta kekayaan bacaleg yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilansir www.kpk.go.id/id/pantau-pilkada-dpd, Sabtu (4/8).

Menanggapi hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyerahkan sepenuhnya verifikasi laporan harta kekayaan bakal calon DPD itu kepada KPK. Pasalnya, yang menerima LHKPN para balon adalah KPK.

Hal ini disampaikan Ketua KPU, Arief Budiman, saat ditanya soal balon yang menyerahkan LHKPN sebanyak Rp 20 triliun

“Konfirmasi ke KPK, KPK kan yang menerima LHKPN,” ujar Arief, kepada wartawan, di Kantor KPU, Jakarta, Sabtu (4/8/2018).

Dia menegaskan bahwa pihaknya tidak dalam kapasitas membolehkan atau melarang orang yang mempunyai harta banyak menjadi balon DPD.

Dikatakannya, jika ada pihak yang diduga punya harta yang diperoleh secara tidak wajar, maka ada KPK yang memeriksa.

“Itu nggak ada urusannya dengan KPU, yang penting anda melaporkan harta kekayaan anda, lalu diverifikasi KPK, selesai. Kalau ada pelanggaran laporan kekayannya itu ya pihak yang lain,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini, KPK telah menerima laporan harta kekayaan lebih dari 500 calon anggota DPD yang bakal berlaga di Pileg 2019.

Dari ratusan calon legislatif tersebut, terdapat sejumlah calon yang laporan hartanya menarik perhatian. Salah satunya adalah harta calon anggota DPD asal Papua Wilhelmus Rollo. source

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *