LRT Palembang Resmi Beroperasi Untuk Umum

Kereta api ringan atau light rail trainset (LRT) Palembang, Sumatera Selatan resmi beroperasi secara komersial mulai hari ini, Rabu (1/8/2018). (Nurseffi/Liputan6.com)

Epicentrum.id – Kereta api ringan atau light rail trainset (LRT) Palembang, Sumatera Selatan, resmi beroperasi secara komersial mulai hari ini, Rabu (1/8/2018).

Selain untuk mengurai kemacetan, pengoperasian LRT ini untuk mendukung mobilitas penonton, atlet, dan official Asian Games yang digelar pada 18 Agustus-2 September 2018.

LRT pertama di Indonesia tersebut merupakan karya anak bangsa. Konstruksinya senilai Rp 10,9 triliun dilaksanakan PT Waskita Karya, trainset atau gerbong LRT dibuat di Pabrik PT INKA (Persero) di Madiun, dan PT Len Industri menyiapkan sistem persinyalan, sistem telekomunikasi, kelistrikan gardu atau substation, signal on depot, dan prasarana untuk tiket elektronik.

“Pengoperasiannya nanti dilakukan PT Kereta Api (Persero). Jadi semuanya pertama buat kita. Termasuk buat Kemenhub kami juga pertama kali membuat regulasi untuk LRT,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Zulfikri, di Depo LRT Palembang.

Di jalur LRT sepanjang 23,4 kilometer (km) ini terdapat 13 stasiun, 9 gardu listrik, dan 1 Depo. Dari 13 stasiun, baru 6 stasiun beroperasi mulai 1 Agustus 2018 yakni stasiun DJKA, Jakabaring, Ampera, Cinde, Bumi Sriwijaya dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Zulfikri menjelaskan,  LRT Palembang memiliki fitur canggih berupa alat pemantau kecepatan atau automatic train protection yang bisa membantu meningkatkan keamanan operasional LRT.

“Dengan alat itu,  kecepatan LRT bisa berkurang secara otomatis jika melebihi batas yang ditentukan, ” ungkapnya.

Interior LRT Palembang hampir mirip dengan KRL di Jakarta. Ada tempat duduk berhadap hadapan dan juga terdapat pegangan tangan untuk penumpang yang berdiri.

Faktor keamanan dan keselamatan juga diutamakan. Di dalam rangkatan terdapat kotak P3K dan juga tabung untuk memadamkan kebakaran. [Sumber]

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *