Ulama di Jabar Dorong Jokowi Segera Umumkan Pendamping

Presiden Joko Widodo (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

epicentrum.id – Sekira 600 ulama dan pengasuh pondok pesantren yang ada di Jawa Barat (Jabar) mendorong Joko Widodo untuk segera mengumumkan pendampingnya di Pilpres 2019. Menurut mereka, Jokowi harus bisa memiliki Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang memiliki segala kualifikasi dan diterima segala pihak.

Dorongan tersebut saat sekira 600 lebih Muballigh dan ulama pengasuh pondok pesantren se-Jawa Barat berkumpul dalam acara Silaturahim dan Konsolidasi Muballigh yang mengangkat tema “Duet Pemimpin Sederhana, Santun dan Profesional Untuk NKRI Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghofur” di Cirebon Jawa Barat.

Para mubaligh yakin, sosok pemimpin negeri yang diidamkan para ulama adalah Joko Widodo. Namun, nama cawapres yang tak kunjung diumumkan membuat berbagai pihak terus berapekulasi. Para ulama dan mubaligh pun mendorong Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto untuk menjadi cawapres Jokowi.

Sekjen Ikhwanul Muballighin KH Anwar Fadholi menjelaskan, sosok Airlangga memiliki peluang yang lebih besar untuk didukung oleh semua pihak. Ia mencontohkan, jika para ulama mendorong Habib Rizieq maju, masa dari NU akan menolak secara tegas. Begitu pun dengan tokoh lain. Menurut Kiai Anwar, Airlangga memiliki resistensi yang lebih kecil untuk bisa didukung oleh semua pihak.

“Harus diketahui Airlangga Hartarto adalah santri dari Habib Salim bin Jindan, Bogor semua orang sudah tau. Selain seorang santri beliau juga ekonom dengan sopan santuin yang tinggi. Nah para kiai menginginkan Jokowi didampingi seorang yang Islami dan ekonom pada pilpres 2019 nanti. Airlangga kami anggap tokoh yang Islami, beliau memiliki sopan santun yang baik dan tidak banyak ngomong yang aneh-aneh sehingga menyakiti orang,” ujarnya.

Foto/Okezone

Kiai Anwar menilai sosok Airlangga memiliki komposisi profesionalisme, kepribadian dan pekerja keras yang bisa mendampingi Jokowi dalam memajukan bangsa dan Negara pada masa yang akan datang.

“Airlangga adalah komposisi tokoh yang sangat layak dan pantas mendampingi Jokowi, terlebih Airlangga adalah ketum partai terbesar dan berpengaruh di parlemen. Digabungkan dengan kekuatan PDIP dan Golkar pemerintahan Jokowi akan semakin kuat,” jelasnya.

Foto/Okezone

Sebelumnya Ketua Umum Ikhwanul Muballighin, KH Mujib Khudori Lc, mengungkapkan bahwa Airlangga merupakan sosok yang diterima berbagai kalangan, terutama para alim ulama.

“Beliau politisi yang sudah malang melintang di parlemen, pengusaha, menguasai ekonomi dan industri, dekat dengan kalangan usaha, serta tentu dapat diterima berbagai pihak, Salah satunya para Kiyai dan ulama,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Kabupaten Cirebon, Dave Laksono mengaku bangga dengan dukungan 600 lebih para kiai yang berharap Airlangga berpasangan dengan presiden Jokowi di pilpres 2019 nanti.

“Ini suatu kebanggan saya pribadi bisa hadir di tengah para kiai besar dan menyaksikan penandatangan surat dukungan kepada Airlangga untuk menjadi calon wakil presiden bersama Pak Jokowi di pilpres 2019,” ujarnya.

sumber berita

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *