Kakak Kandung Cak Imin Dipanggil KPK Terkait Pencucian Uang Bupati Nganjuk

Epicentrum.id – Tim penyidik Komisi Pemb‎erantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Abdul Halim Iskandar, kakak kandung Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, pada hari ini.

Sedianya Ketua DPRD Jawa Timur tersebut akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi terkait kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), Bupati non-aktif Nganjuk, Taufiqurrahman.

“Yang berangkutan diperiksa sebagai‎ saksi untuk penyidikan TPPU Drs H Taufiqurrahman,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (31/7/2018).

Sebelumnya, Politikus PKB itu absen alias tidak hadir pada panggilan pemeriksaan Rabu, 25 Juli 2018, dengan alasan sedang sakit. KPK pun menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Abdul Halim, pada hari ini.

Belum diketahui dengan jelas kaitan Abdul Halim dengan TPPU Taufiqurrahman. Diduga, Ketua DPW PKB Itu mengetahui konstruksi perkara yang menyeret Bupati non-aktif Nganjuk, Taufiqurrahman.

Taufiqurrahman sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pencucian uang oleh lembaga pimpinan Agus Rahardjo Cs. Sebelumnya, dia juga telah ditetapkan sebagai tersangka penerimaan suap dan gratifikasi.

Diduga, pencucian uang yang dilakukan Taufiqurrahman berkaitan dengan hasil penerimaan gratifikasi senilai Rp5 miliar dalam masa jabatannya sebagai Bupati Nganjuk sejak 2013 hingga 2017.

Terkait dugaan pencucian uang, Taufiqurrahman disangkakan melanggar Pasal 3 dan atau 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP.

source

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *