Plat Kendaraan Bermotor Akan Berubah Warna, Agar Terbaca CCTV Korlantas

Pelat nomor berlatar putih (Instagram/polantasindonesia)

Epicentrum.id – Pelat atau tanda nomor ken­daraan bermotor (TN­KB) akan berubah warna dan akan ter­baca kamera peman­tau (CC­TV) yang terhubung dengan pusat manajemen lalu lintas Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) yang ber­basis tekno­lo­gi informasi (TI).

“Nanti itu pelat nomornya seperti aplikasi face recognition (pengenal wajah). Se­karang pelat nomornya ke­tika misalnya kena CCTV dan lain-lain, itu akan lang­sung terdeteksi bahwa ini siapa, pelat nomor, angka­nya,” ujar Kepala Biro Pe­nerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Mohammad Iqbal di Jakarta, Kamis (26/7).

Adanya perubahan spesi­fikasi teknis TNKB yang di­rencanakan mulai 2019 dan dilakukan bertahap itu ber­tujuan untuk meningkatkan keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas.

Iqbal menuturkan warna hitam yang kini menjadi war­na dasar TNKB untuk ken­da­raan pribadi sulit terbaca CC­TV. Diharapkan peruba­han ter­sebut akan mengura­ngi ke­celakaan lalu lintas, ke­mace­tan, serta hal-hal yang berka­itan dengan tin­dak pidana.

“Misalnya kenapa itu me­lebihi kecepatan, kami lang­sung saja nanti menghubungi si pengendara, bahwa anda melebihi kecepatan di km sekian,” katanya.

Iqbal menyebutkan, ren­ca­nanya perubahan TNKB akan diberlakukan pada se­mua jenis kendaraan. Terkait teknologi dan warna yang akan digunakan sebagai pengganti lebih detail, masih dalam proses pembahasan.

Untuk menjalankan hal ter­sebut, menurutnya, diper­lu­kan revisi Peraturan Ka­polri No 5/2012. “Peraturan Kapolri harus direvisi, terus juga kami akan melihat jangan sampai perubahan itu akan meng­hambat aktivitas masyarakat,” katanya. [Sumber]

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *