Panglima TNI Sebut Tidak Akan Toleransi Beragam Ancaman di Asian Games 2018

Epicentrum.id – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan TNI tidak akan menoleransi beragam ancaman, termasuk terorisme terhadap penyelenggaraan Asian Games, mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018.

“Ini perhelatan besar, tidak boleh ada celah bagi ancaman apa pun, termasuk terorisme,” katanya kepada Antara sebelum melaksanakan “joy sailing” bersama para pemimpin redaksi media massa ke Teluk Jakarta, Senin (23/7/2018).

Panglima Hadi mengatakan bahwa TNI mengerahkan personelnya untuk mengamankan seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), termasuk selama pelaksanaan Asian Games di Jakarta dan Palembang.

“TNI tidak hanya mengamankan di lokasi penyelenggaraan dan venue-venue, tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia. Karena Indonesia itu luas. Ancaman bisa masuk dari mana saja. Ada bom di daerah tertentu, maka itu ancaman bagi seluruh wilayah Indonesia, termasuk bagi penyelenggaraan Asian Games,” tutur Hadi.

Ia menegaskan, “Negara lain, masyarakat internasional hanya tahu ada bom di Indonesia, saat penyelenggaraan Asian Games. Itu sudah merusak citra Indonesia. Ini yang harus kita antisipasi agar tidak terjadi. Maka, TNI komitmen untuk mendukung dan mengamankan Asian Games.” Panglima TNI mengatakan bahwa Asian Games mempunyai nilai sangat strategis sebagai ajang mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia.

“Asian Games juga merupakan ‘national branding’ di panggung internasional. Oleh karena itu, TNI tidak akan menoleransi apa pun bentuk ancaman keamanan terhadap Asian Games,” katanya.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah mengatakan bahwa TNI terus berkoordinasi dengan Polri untuk mendukung pengamanan Asian Games.

“Tentu ada tugas pokok TNI yang melekat, seperti kehadiran pejabat negara peserta, tentu pengamanannya oleh TNI begitu pun Polri ada tugas pokok yang harus dijalankan. Tinggal saling koordinasi, dan itu sudah berjalan baik,” katanya.

Panitia Pelaksana Asian Games 2018 atau Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri untuk pengamanan Asian Games 2018. [Sumber]

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *