Ulama Sulawesi Utara Dukung Duet Jokowi-Dien Syamsuddin

Presiden Jokowi dan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dien Syamsuddin.

Epicentrum – Satuan Karya (Satkar) Ulama Indonesia Sulawesi Utara (Sulut) berkeyakinan, Joko Widodo (Jokowi) akan memilih tokoh Islam yang memiliki akses internasional sebagai Cawapres, pada Pemilihan Presiden 2019 nanti.

Petinggi Satkar Ulama Indonesia Sulut Sultan Zulkarnaen mengungkapkan, keyakinan tersebut muncul setelah menilai bahwa Jokowi memiliki obsesi seperti Bung Karno, yang sangat terkenal dan dihormati di kalangan internasional, khususnya dengan negara-negara Islam maupun berpenduduk mayoritas muslim.

“Untuk menjembataninya, beliau (Jokowi) tidak akan memilih tokoh yang tidak mempunyai akses internasional,” ujar Zulkarnaen kepada KlikNews, Sabtu (21/7/2018).

Selain itu, lanjut dia, Jokowi juga tidak akan mengambil tokoh dari partai politik, teknokrat, akademisi, maupun pengusaha sebagai pendamping untuk bertarung dalam pemilihan presiden. “Pendamping beliau adalah tokoh yang bisa menambah elektabilitas,” terangnya.

Dia pun berani menyebut bahwa Din Syamsuddin adalah tokoh yang cocok dan tepat bagi Jokowi. “Kami punya alasan yang cukup kuat terkait hal ini,” jelasnya.

“Dengan kekuatan para alumni Pondok Gontor yang menyebar di setiap pelosok tanah air, kami yakin betul bahwa pasangan Jokowi-Din akan bisa meraih kemenangan di atas 70 sampai 75 persen,” ungkapnya.

Berikut alasan munculnya wacana Jokowi-Din:

Din Syamsudin masuk dalam kategori tokoh yang memiliki akses internasional. Dia bahkan dikenal sebagai Ketua Perdamaian Dunia Antarumat Beragama. Saat ini juga dia menjabat sebagai utusan khusus Presiden RI Peradaban dan Dialog Agama.

Selain itu ada faktor keterwakilan dari luar Jawa. Din diketahui berasal dari NTB, yang notabene berada di Indonesia bagian Timur.[Kliknews]

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *