Oezil Pensiun dari Timnas Jerman, Tolak Rasisme dan Diskriminasi

Epicentrum.id – Mesut Oezil memutuskan pensiun dari timnas Jerman karena merasakan diskriminasi atas pertemuannya dengan Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan pada Mei lalu.

Sebelumnya Oezil juga diterpa kritik pedas setelah tampil dalam performa buruk di Piala Dunia 2018. Namun, gelandang Arsenal itu tak terima jika foto bersama dengan Erdogan dianggap sebagai muatan politis.

“Bagi saya, berfoto dengan Presiden Erdogan bukan tentang politik atau pemilihan, itu tentang saya menghormati kantor tertinggi negara keluarga saya,” kata Oezil menulis di Twitter.

Oezil mengumumkan pensiun dari timnas lewat akun Twitter. Meski berat, namun Oezil tak kuasa menerima perlakuan rasialis dari Federasi Sepak Bola Jerman (DFBP).

“Dengan berat hati dan banyak pertimbangan atas kejadian belakangan ini, saya tak akan lagi bermain untuk Jerman di level internasional selagi saya merasakan rasisme dan sikap tidak hormat,” tulis Ozil.

“Saya telah mengenakan kostum Jerman dengan penuh rasa bangga dan kegembiraan, tapi sekarang tidak lagi. Keputusan ini sangat sulit untuk dibuat karena saya selalu memberikan segalanya bagi rekan-rekan, staf pelatih dan orang-orang baik di Jerman.”

“Namun ketika para petinggi DFB memperlakukan saya seperti sekarang ini, tidak menghormati garis keturunan Turki saya dan secara egois menyebut saya melakukan propaganda politik, maka saya rasa sudah cukup.”

“Itu bukan alasan saya bermain sepak bola, dan saya tidak akan diam saja tanpa melakukan apapun. Rasisme seharusnya tidak akan pernah bisa diterima.”

ezil telah melakoni debut bersama timnas Jerman pada 2009. Hingga Piala Dunia 2018, telah tampil 92 kali dan mencetak 23 gol. Pemain kelahiran 15 Oktober 1988 itu juga mempersembahkan trofi juara pada Piala Dunia 2014.

Sebelumnya, Oezil juga berjasa mengantarkan timnas Jerman menjuarai Piala Eropa U-21 pada 2009. Ia mencatatkan total 92 penampilan bagi Jerman, mengemas 23 gol dari seluruh kompetisi. [Sumber]

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *