Asian Games 2018 Sebentar Lagi, Ini Cara Unik Sambut Pesta Terbesar Olahraga Asia

epicentrum.id – Berbagai cara menyambut gegap gempita pesta terbesar olahraga di benua Asia pada 2018. Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang tanpa terasa akan berlangsung tidak lama lagi. Ada berbagai macam cara menyambut kedatangannya, termasuk yang dilakukan oleh Gatot Sudariyono.

Sosok yang menjabat sebagai Wakil Sekjen Golkar ini memiliki cara yang unik, yaitu dengan berlari. Sambil mengajak masyarakat untuk turut bergembira dalam pesta olahraga Asia tersebut, tidak lupa Gatot Sudariyono mendokumentasikan kegiatannya lewat tulisan berikut ini:

*Hari Pertama Berlari *
Melalui 18 Point of Interest
Asian Games 2018
“Energy of Asia”

Celebrate earth day every day
Celebrate land and sea
Celebrate you and me
( Earth Day , John Denver)

Sahabats yang budiman.

Hari ini, hari pertama saya berlari. Tentu saja bukan berlari yang jauh atau cepat. Saya berusaha membayangkan diri untuk turut “merayakan” penyelenggaraan Asian Games yg ke 18 yang akan diselenggarakan tgl 18 Agustus sd 2 September 2018. Karena itu saya memutuskan pagi ini berlari 18 kilometer melewati 18 titik menarik ( point of interest ).

Angka 18 menjadi salah satu tema cara merayakan Asian Games ke 18. Setelah Asian Games yang diselenggarakan di Indonesia tahun 1962 maka baru 56 thn berikutnya bisa kembali diselenggarkaan di Indonesia di dua kota Jakarta dan Palembang.

Disepanjang lintasan saya berlari telah banyak sekali dipasang spanduk dipagar dan halaman oleh semua instansi pemilik gedung. Terbayang kemeriahan pada saat nanti berlangsung Asian Games 2018.

Jam 04:30 saya sdh tiba di Mesjid Al Bina GBK dan bergabung sholat subuh berjamaah disana. Jam 05:15 start berlari di Pintu 4 di depan Century Hotel.

Hari masih gelap. Setelah berlari sebentar terbaca didepan gerbang FX Mall motto Olimpiade – Citius Atius Fortius. Tentu saya berlari bukan sebagai atlit yang akan bertanding dengan motto diatas. Saya hanya akan menikmati 45 hari kedepan bersiap2 turut merayakan Asian Games 2018.

Segera saya menyusuri Hotel Sultan menuju halaman depan (1) GBK dengan pengumuman ditutup untuk umum, Kantor Menpora dan TVRI, lanjut ke (2) halaman depan Gedung DPR DPD dan MPR RI, terus melalui jalan Pejompongan menuju (3) Patung Jendral Sudirman dan (4) Stasiun BNI City. Hari sdh terang saat tiba di (5) Bundaran HI dan Tugu Selamat Datang. Terlihat pengumuman count down besar 29 hari lagi menuju pembukaan Asian Games.

Lanjut di Jalan Thamrin dan berfoto (6) di depan Kantor BI, berfoto di (7) Patung Arjuna Wiwaha dan M H Thamrin, lanjut (8) Perpustakaan Nasional, (9) Patung Bung Karno didepan Lemhanas, (10) Balai Kota dan Istana Wapre. Menuju (11) Patung Tani, (12) Galeri Nasional dan Stasiun Gambir; (13) Gedung Pancasila, (14) Patung Pembebasan Irian di Lapangan Banteng, (15) Kathedral, (16) Mesjid Istiqlal; (17) Halaman depan Istana Negara, dan terakhir di (18) Tugu Monas berlari berkeling hingga mencapai jarak 18 km dan waktu menunjukan jam 09:00 pagi.

Pagi ini saya berlari sendiri. Menghasilkan foto dengan tongkat selfie banyak sekali. Kali lain saya berharap dapat berlari bersama sahabats.

Saatnya kita bersiap siap untuk menunggu hadirnya ratusan atilt dari berbagai kategori olah raga dari negara2 Asia untuk berjuang memperoleh prestasi tertingginya. Masing2 akan berjuang untuk keharuman negaranya.

Tidak seperti Wold Cup 2018 yang hanya mempertandingkan sepak bola, maka di Asian Games ini mari kita pilih cabang olahraga yang akan kita ikuti, kenali nama-nama atlitnya, ikuti semua drama kisahnya.

Sampai bertemu di cerita berlari hari kedua.

Terima kasih.

Salam Asian Games 2018.

Gatot Sudariyono

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *