Ini Dia 8 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Keluarga

Epicentrum.id – Buah pepaya merupakan salah satu buah yang bisa ditemui di banyak tempat, mulai dari pasar tradisional hingga pasar swalayan. Selain harganya yang terjangkau, buah pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho, Moms. Mulai dari bayi yang sudah mulai mengonsumsi MPASI hingga lansia, berikut 8 manfaat pepaya untuk kesehatan keluarga, seperti dilansir Boldsky

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam pepaya dipercaya mampu memperlancar sistem pencernaan Anda. Mengonsumsi buah pepaya setiap harinya bisa memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

Potong pepaya menjadi beberapa bagian (bentuk dadu), lalu peras satu buah jeruk nipis, kemudian taburkan sedikit gula di atasnya. Masukkan ke dalam kulkas, dan santap ketika buah pepaya mulai dingin.

Mengurangi Peradangan

Pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang memiliki efek antiinflamasi dan mengurangi risiko menderita penyakit kronis. Enzim ini juga dapat mengobati masalah lain yang terkait dengan peradangan seperti edema.

Memiliki Kandungan Nutrisi yang Penting untuk Tubuh

Pepaya adalah sumber vitamin yang sangat baik dengan sifat antioksidan seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin C. Buah berwarna oranye ini juga memberikan vitamin B kompleks dan mineral seperti potasium, tembaga dan magnesium. Vitamin dan mineral ini bekerja bersama untuk mendukung regenerasi sel dan membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Pepaya bisa meningkatkan kemampuan visual atau penglihatan anak, karena kandungan vitamin A nya yang tinggi, Moms.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A dan vitamin C dalam pepaya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi. Mengonsumsi buah pepaya secara rutin, akan menciptakan lapisan pelindung terhadap bakteri dan virus yang juga bisa menyebabkan flu, batuk dan pilek.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat lainnya dari buah pepaya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Ini dikarenakan adanya kandungan serat, kalium dan vitamin yang dapat mencegah penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium diketahui dapat mengurangi efek buruk penyakit jantung. Itulah mengapa penting bahwa Anda memiliki sepotong buah pepaya tiap harinya.

Mencegah Pembekuan Darah

Pembekuan darah di dalam tubuh dapat memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat arteri. Dalam kasus yang parah, itu bahkan dapat menyebabkan serangan jantung atau strok. Pepaya mengandung zat yang dikenal sebagai fibrin yang bisa meningkatkan aliran darah.

Bagus untuk Kulit

Kehadiran vitamin E dalam pepaya menghentikan kerusakan sel dan mencegah penuaan dini. Vitamin A dalam pepaya bisa membuat kulit Anda jadi lebih halus dan bebas bercak hitam.

Vitamin C dan E nya bisa meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kulit Anda tetap kencang dan tidak mudah kendur.

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *