Oposisi Pemerintahan Malaysia Akan Dipimpin Oleh Orang Keturunan Ponorogo – Kulon Progo

Epicentrum.id, , Kualalumpur – Presiden Partai UMNO Ahmad Zahid Hamidi resmi ditunjuk menjadi pemimpin oposisi Malaysia di parlemen Dewan Rakyat. Ahmad merupakan politikus ternama Negeri Jiran keturunan Indonesia.

Penunjukan Ahmad telah dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal UMNO, Annuar Musa, pada Senin (16/7) waktu Malaysia.

“Iya, beliau telah menjadi pemimpin oposisi,” ujar Annuar seperti dikutip dari The Star.

Ahmad Zahid Hamidi dikenal luas sebagai politikus yang kental berdarah Indonesia. Lahir di Perak, sang ayah berasal dari Kulon Progo (DIY) dan ibunya dari Ponorogo (Jatim).

Dalam sejumlah kesempatan dengan media di Indonesia, Ahmad bahkan menunjukkan kemampuannya berbahasa Jawa dengan baik.
Sebelum memimpin oposisi, selama jadi bagian pemerintahan Malaysia, Ahmad pernah menduduki berbagai jabatan penting dan strategis, seperti Deputi PM dan Menteri Dalam Negeri.
Setelah ditunjuk, Ahmad akan memimpin Koalisi Barisan Nasional yang pada pemilu Mei lalu mendapat 79 kursi.
Kursi sebanyak 79 itu tidak akan utuh saat Ahmad memimpin. Sebab, beberapa partai dari Sabah dan Sarawak yang tadinya masuk Barisan Nasional memilih keluar.
Saat ini, tersisa 57 kursi untuk Barisan Nasional di Parlemen. Kursi tersebut terdiri dari 57 dari UMNO, dua dari Partai Kongres India se-Malaysia, dan satu kursi milik Partai Persatuan China Malaysia.
Pada pemilu 2018 Barisan Nasional mencetak sejarah buruk. Untuk pertama kali dalam sejarah Malaysia, koalisi itu kalah dalam pemilihan umum.
Saat ini, kepemimpinan di Malaysia dipegang koalisi Pakatan Harapan dengan Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri. (**)
KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *