Komisi VII DPR RI Akan Mengundang Kementerian ESDM Dan Inalum Bahas Divestasi Saham Freeport

Epicentrum.id, Jakarta – Penandatanganan Head of Agreement (HoA) terkait pembelian 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI) oleh PT Inalum (Persero) dari Freeport McMoRan Inc dan Rio Tinto pada pekan lalu menimbulkan perdebatan di masyarakat.

Sebab saat penandatanganan HoA, transaksi jual beli saham seolah selesai. Padahal menurut berbagai pihak, divestasi sahamFreeport belum tentu terlaksana lantaran masih terdapat tahapan lain yang harus ditempuh, termasuk penyelesaian masalah perjanjian stabilitas investasi.

“Saya juga sudah membaca tulisannya yang menilai bahwa ini berlebihan, untuk pencitraan,” kata Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Tamsil Linrung, saat ditemui awak media di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (16/7).

Untuk mendalami hal tersebut, rencananya pada Rabu (18/7) mendatang, Komisi VII DPR RI akan mengundang Kementerian ESDM dan Inalum. Sebab hingga kini, pemerintah belum memaparkan apapun ke Komisi VII DPR RI.

“Rabu minggu ini. Dia (Kementerian ESDM) akan kita panggil sekaligus membawa PT Inalum. Sejauh ini belum dipaparkan (progres divestasi 51% saham PTFI),” paparnya.

Dia menambahkan, Komisi VII DPR RI sejauh ini masih percaya kepada pemerintah terkait divestasi 51% saham tersebut. Nantinya saat rapat, pihaknya akan bertanya mengenai tahapan selanjutnya setelah HoA diteken.

“Kami tetap berpegang kepada penjelasan resmi pemerintah. Nanti kita akan mendengarkan penjelasan tahapannya, bagaimana sesungguhnya komposisi riilnya itu,” kata Tamsil. (ghita)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *