Melihat Prasarana Sanitasi Di Indonesia, Matt Damon Kunjungi Jamban Umum

Epicentrum.id, Kendal – Bintang Hollywood Matt Damon, yang Selasa lalu (3/7) secara tak terduga berkunjung ke sebuah koperasi di Jagakarsa, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dan mengejutkan warga di sana, ternyata pada 4-5 Juli, blusukan ke beberapa desa di Jawa Tengah. Kali ini yang didatanginya adalah desa-desa di Batang dan Kendal.

Matt Damon datang bukan untuk syuting film, tetapi untuk melihat langsung fasilitas air bersih dan sanitasi yang merupakan bagian kerjasama otorita setempat dengan Water.org. Selain itu Matt juga menyambangi sarana sanitasi berupa jamban milik warga yang terdapat disana.

Water.org, dimana Matt Damon dan Gary White menjadi salah seorang pendirinya, adalah sebuah badan yang memusatkan perhatian pada upaya penyediaan air bersih dan sanitasi di banyak negara.

Krisis air bersih diketahui terkait erat dengan masalah pendidikan, kemakmuran ekonomi dan perbaikan kesehatan, lewat berbagai alternatif solusi. Sejak didirikan 25 tahun lalu, sudah lebih dari 12 juta orang mendapat manfaat dari berbagai program Water.org, yaitu dapat mengakses air bersih dan memiliki fasilitas sanitasi yang memadai.

Didampingi Direktur Operasional Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA), lembaga keuangan mikro yang menjadi mitra Water.org, Matt Damon dan Gary White mengunjungi Desa Kertosari, di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Dengan seksama, keduanya menyimak cerita anggota-anggota KOMIDA tentang fasilitas air bersih dan sanitasi yang berdampak positif pada keluarga mereka.

Salah seorang anggota, Wanuti, bahkan mengajak keduanya datang ke rumahnya. Dengan bersemangat ibu tiga anak yang berusia 35 tahun itu menunjukkan fasilitas sanitasinya yang baru, yang dibangun dengan pinjaman dari KOMIDA. Sebelumnya, Wanuti dan ketiga anaknya harus antre panjang untuk mandi dan buang hajat di kamar mandi umum. Namun, kini berkat kredit sanitasi dari koperasi, keluarga Wanuti memiliki fasilitas sanitasi dan kamar mandi yang disebutnya “lebih bermartabat.”Dalam keterangan pers yang didapat VOA, dari Desa Kertosari, Matt Damon dan rombongan singgah ke Desa Denasri Kulon, yang masih terletak di Kabupaten Batang.

Direktur PDAM Yulianto yang ikut mendampingi mereka menjelaskan peningkatan sambungan saluran air bersih sejak bekerjasama dengan Water.org sejak 2016, yang kini sudah mencapai 41.527 sambungan rumah tangga. Semula PDAM menargetkan 2.900 sambungan baru, tetapi kini mereka berhasil melampaui target dan menjangkau 3.457 sambungan saluran air yang baru ke rumah-rumah.

 

sumber

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *