Dukung Parlemen Modern Dengan Manfaatkan Media Sosial

Epicentrum.id – Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar membuka acara sosialisasi pemanfaatan blog dan website DPR RI bagi Tenaga Ahli (TA) dan Staf Administrasi Anggota DPR RI. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan parlemen modern sebagaimana visi DPR.

“Saya kira ke depan cita-cita untuk membangun parlemen modern dan cita-cita untuk memberikan informasi-informasi positif pada masyarakat luas adalah tugas kita bersama,”  demikian sambutan Indra di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (02/7/2018).

Indra menyebutkan karakteristik parlemen modern adalah adanya transparansi, representasi rakyat, dan keterbukaan informasi berbasis digital. Sebagai representasi rakyat di masing-masing daerah, anggota DPR memiliki kewajiban untuk menyampaikan berbagai kegiatan terkait tugas dan fungsinya.

Ia menilai di era digital seperti saat ini, sosial media seperti blog dan website seharusnya akan memudahkan Anggota DPR dalam menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan konstituennya.

Blog Anggota DPR RI merupakan bagian atau sub website utama DPR yang dibangun sejak tahun 2015 sesuai arahan pimpinan DPR saat itu dengan tujuan agar Sekretariat Jenderal menyediakan wadah bagi para anggota untuk dapat berkomunikasi langsung dengan para konstituen.

Namun berdasarakan hasil monitoring, Indra mengatakan penggunaan sosial media khususnya blog para anggota belum dimaksimalkan dengan baik, sehingga apa yang dilakukan anggota dewan tidak semua terinformasi dengan baik oleh masyarakat.

Untuk itu melalui sosialisasi ini, Indra berharap TA dan Staf Administrasi Anggota dapat memiliki pemahaman dalam pemanfaatan teknologi informasi sehingga meningkatkan kemampuan dalam melayani anggota DPR.

“Kita tahu, anggota punya kesibukan yang banyak baik kesibukan politik maupun kesibukan-kesibukan lain. Kita berharap TA atau staf administrasi ini bisa medukung anggota dewan untuk menginformasikan berbagai program melalui blog ini karena dari monitoring kami ini belum dimaksimalkan dengan baik,” papar Indra.

Acara sosialisasi ini berlangsung selama dua hari, 2 Juli 2018 – 3 Juli 2018 dengan sejumlah materi diantaranya parlemen modern, website dan media sosial DPR RI, serta  blog dan email anggota DPR RI. Dan diisi dengan beberapa narasumber diantaranya Kepala Biro Pimpinan DPR RI Djaka Dwi Winarko, Kepala Biro Pemberitaan Yohannes. O.I Tahapari, dan Erdinal Hendradjadja. [Sumber]

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *