JK: Usia Lebih Muda Dari Mahathir, Tapi Waktunya Untuk Pensiun

Epicentrum.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla menjelaskan, mengingat umurnya saat ini, ia memilih pensiun dengan tidak maju lagi sebagai capres. Secara bercanda ia menyebut, meski tak mencalonkan diri, ia sebenarnya tetap lebih muda dibandingkan PM Malaysia Mahathir Mohamad yang ikut pemilu.

“Saya pertimbangkan umur saya, waktunya saya pensiun. Tapi di kasus Mahathir, saya pasti terlihat seperti masih muda dibanding Mahathir,” kata JK sambil tertawa dalam diskusi dengan Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC) di Ayana Midplaza Hotel, Jakarta Pusat, Kamis (28/6).

Antara JK dan Mahatir memang terpaut umur yang lumayan jauh tepatnya 16 tahun. JK saat ini berusia 76 tahun sedangkan Mahatir sudah berusia 92 tahun.  Lagi pula, kalau pun JK masih mau mencalonkan diri, langkahnya tidak mudah mengingat adanya aturan UU yang menghadangnya.

Soal umur justru tidak ada masalah bagi JK karena UU tidak menghalanginya. Kendalanya karena JK sudah dua periode menjadi wakil presiden, padahal kali ini dia merupakan periode kedua meskipun dengan presiden yang berbeda. Kasus ini juga telah diuji materi di Mahkamah Konstitusi dan ditolak, meskipun penolakannya bukan terkait dengan substansi gugatan atau legal standingnya, melainkan soal penggugatnya yang tidak punya posisi hukum.

JK juga merasa tidak punya partai untuk mengusungnya. “Saya satu satunya orang yang ikut 3 kali pilpres, 2004, 2009, 2014. saya menang dua kali pas saya enggak punya partai tapi pas saya jadi ketum (partai), saya kalah,” kata JK. [Sumber]

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *