Presiden Jokowi Sambut Langsung Kedatangan Mahathir Mohammad Di Lanud Halim Perdanakusuma

Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Perdana menteri Malaysia Mahathir Mohamad di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis malam (28/6/2018) / Photo Viva.co.id

Epicentrum.id, Jakarta – Mahathir disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Iriana di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma. Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad dan Ibu Negara Siti Hasmah tiba di Jakarta, Kamis (28/6).

Perdana Menteri tertua di Dunia tersebut mendarat di Lanut Halim,   Kamis (28/6), pesawat bertuliskan Malaysia yang membawa Mahathir dan Siti Hasmah mendarat sekitar pukul 18.00 WIB. Dengan menggandeng Mahathir, Jokowi memperkenalkan jajaran menteri yang menyertainya.

Di antara yang hadir adalah Menko Polhukam Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Dubes RI untuk Malaysia Rusdi Kirana.

Penyambutan kepala negara atau pemerintahan biasanya tidak langsung dijemput oleh presiden, menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, tidak semua pemimpin negara disambut langsung oleh Jokowi. Mahathir langsung oleh Jokowi adalah bentuk penghormatan, seperti halnya ketika Raja Arab Saudi, Salman, datang ke Indonesia tahun lalu.

Dari Halim, Mahathir langsung menuju Kedutaan Besar Malaysia di Kuningan, Jakarta Selatan, untuk bertemu dengan warga negara Malaysia yang ada di Indonesia. Baru keesokan harinya Mahathir dan Siti Hasmah akan disambut secara resmi kenegaraan di Istana Bogor oleh Jokowi dan Iriana.

Dalam pertemuan nanti, kedua negara akan membicarakan isu yang menjadi kepentingan bersama, salah satunya soal perlindungan WNI dan masalah perbatasan dan isu kelapa sawit di Malaysia yang berjumlah 2,5 juta orang. Untuk masalah kelapa sawit, hal itu dibahas demi menyatukan sikap Indonesia dan Malaysia dalam melawan kampanye negatif terhadap produk tersebut di Eropa.

Rencananya Mahathir akan berada di Jakarta hingga 29 Juni mendatang. Indonesia adalah negara pertama yang dikunjungi Mahathir usai dilantik kembali jadi PM Malaysia, Mei lalu. (Ghita)

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *