PM Mahathir Mohamad Tiba di Jakarta Petang Ini

Mahathir Mohamad (REUTERS/Athit Perawongmetha)

epicentrum.id – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 28-29 Juni 2018. Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Mahathir setelah resmi dilantik sebagai Perdana Menteri pada Mei lalu.

Menurut rencana, ia akan tiba sore ini di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma dan akan disambut secara langsung oleh Presiden Joko Widodo. Keduanya akan melangsungkan pembicaraan resmi esok hari di Istana Bogor.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir mengatakan, Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Mahathir, lantaran lokasi geografisnya yang berdekatan dengan Malaysia. Setelah berkunjung ke Indonesia, PM Malaysia ketujuh itu akan melanjutkan perjalanan ke Brunei Darussalam.

“Indonesia jadi negara pertama karena terdekat. Selain itu, ini merupakan tradisi negara-negara ASEAN bahwa setiap ada pemimpin baru maka negara pertama yang dikunjungi adalah negara tetangga ASEAN,” kata Arrmanatha di Gedung Kemlu, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Juni 2018.

Presiden Jokowi akan didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menko Polhukan Wiranto yang akan secara langsung menyambut kedatangan Mahathir sore ini. Menurut Arrmanatha, penjemputan yang langsung dilakukan Jokowi merupakan bentuk penghormatan kepada Mahathir.

“Saat Raja Saudi datang, Presiden juga jemput. Utamanya karena para pemimpin ini dianggap senior dan dituakan. PM Malaysia juga sudah pernah menjadi perdana menteri sebelumnya, sehingga ini menjadi bentuk penghormatan dan kedekatan dengan PM Mahathir,” ujar Arrmanatha.

Dalam kunjungan ini, beberapa isu utama yang akan dibahas kedua pemimpin negara antara lain peningkatan kerja sama ekonomi dan investasi, perlindungan warga negara Indonesia, peningkatan kerja sama dalam bidang kelapa sawit dan membahas isu-isu global terkini.

sumber berita

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *