Mahathir Mohamad dan Joko Widodo Akan Bahas Isu Strategis

Epicentrum.id – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dijadwalkan tiba di Jakarta hari ini, Kamis (28/6/2018). Pemimpin berusia 92 tahun itu dikabarkan akan mendarat di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma menjelang petang nanti.

Mahathir Mohamad akan dijemput langsung oleh Presiden Joko Widodo bersama beberapa pejabat, termasuk Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Indonesia disebut sebagai negara pertama yang dikunjungi oleh Mahathir sejak ia dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia, pasca-kemenangan dramatis atas lawannya, Najib Razak, pada pemilu awal Mei lalu.

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia, Arrmanatha Nasir, PM Mahathir Mohamad djadwalkan melakukan perbincangan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jumat, 28 Juni 2018.

Pria yang karib disapa Tata itu menambahkan, ada tiga garis besar yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut. Pertama, adalah tentang upaya memperkuat jalinan kerja sama perdagangan yang telah terjalin dengan baik selama puluhan tahun.

“Malaysia adalah mitra dagang terbesar nomor 7 bagi Indonesia, dan kedua pemimpin akan berupaya menjaga sekaligus meningkat kualitas hubungan tersebut,” ujar Tata dalam agenda press briefing hari ini, di kompleks Kemlu, Pejambon, Jakarta Pusat.

Salah satu isu perdagangan yang akan dibahas secara mendalam oleh kedua pemimpin adalah tentang akses ekspor kelapa sawit di tingkat global, khususnya terkait dengan “diskriminasi distribusi” oleh Uni Eropa.

Lebih dari itu, masih menurut Tata, kedua pemimpin negara akan membahas berbagai isu strategis lainnya, seperti perlindungan tenaga kerja asal Indonesia di Negeri Jiran, komitmen perdamaian di kawasan, hingga pelaksanaan good governance.

Tata menuturkan bahwa PM Mahathir Mohammad juga tertarik bertukar pendapat lebih jauh dengan Presiden Jokowi, terkait isu pemberantasan korupsi, pengembangan infrastruktur, dan peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat di masing-masing negara. [Sumber]

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *