Selain Indonesia, negara-negara ini dilarang masuk Israel

epicentrum.id –┬áPaspor menjadi salah satu alat bukti kewarganegaraan jika ingin berkunjung ke negara lain. Namun sayangnya, tidak semua negara mau menerima paspor dari negara-negara tertentu. Bisa jadi negara tersebut sedang ada masalah atau memang tidak aman. Salah satunya Israel. Kemarin Israel memutuskan untuk tidak memperbolehkan Indonesia memasuki wilayahnya.

Per 9 Juni 2018, Indonesia dilarang masuk ke Israel. Keputusan ini sebagai bentuk balasan atas penundaan permohonan visa orang Israel ke Indonesia. Tindakan ini adalah buntut dari peristiwa pembantaian warga Palestina di Gaza pekan lalu.

Namun, aksi balasan ini rupanya sudah diperkirakan oleh pihak Indonesia. Sebab, pemerintah tahu bahwa setiap negara memiliki kebijakan tersendiri khususnya mengenai aturan imigrasi.

Tak hanya Indonesia, masih ada negara-negara lain yang dilarang masuk ke Israel. Berikut daftarnya.

Malaysia

Mayoritas warga Malaysia yang beragama Islam mendukung orang-orang Arab di tanah Muslim Palestina. Sementara Israel adalah negara baru yang dibentuk pada 1948 setelah Perang Dunia Kedua dari Inggris.

Departemen Imigrasi Malaysia memutuskan Israel sebagai wilayah yang ilegal dikunjungi oleh orang Malaysia. Perang Israel-Palestina yang sedang berlangsung menyebabkan wilayah tersebut menjadi sangat berbahaya.

Iran

Iran merupakan musuh utama dan terbesar Israel. Bagi Negeri Mullah, Israel adalah bangsa yang menjijikkan dan tak pantas berada di pergaulan dunia. Tindakan keras mereka pada Negeri Zionis itu mencapai puncaknya saat kepemimpinan mantan Presiden Mahmoud Ahmadinejad. Bahkan dalam Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Iran tak segan-segan menampar delegasi Israel lewat pidato Ahmadinejad yang berkobar.

Meski kini adem ayem dan tidak terlalu terang-terangan menggebuk Negeri Bintang Daud itu, namun Presiden Hassan Rouhani tetap tidak mencabut larangan paspor warga Israel masuk ke tanah Iran.

Sebelas dua belas dengan Iran. Israel pun memberlakukan hukum melarang warganya pergi ke Iran. Berdasarkan hukum kebangsaan 1952, Iran berada di urutan pertama negara yang tidak boleh dimasuki oleh warga Zionis kecuali mereka ingin dapat sanksi berat.

sumber berita

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *