Situ Ranca Hideung, Destinasi yang Tengah Digandrungi

Kabupaten Garut, Jawa Barat bagian Selatan merupakan daerah yang sangat kaya akan potensi wisata alam. Bukan hanya pantai dan air terjun, ternyata Garut pun memiliki potensi wisata alam danau, yaitu Situ Ranca Hideung, di Kampung Sukalila, Desa Cihurip, Kecamatan Cihurip Garut.

Menurut pengelola Situ Ranca Hideung, Hendra Jaya, danau yang terbentuk secara alami, tersebut memiliki luas sekitar 3,5 hektare. Danau tersebut juga sebagai sumber mata air yang dipergunakan warga untuk mengairi sawah, termasuk sebagai cadangan air pada musim kemarau.

“Dan selama ini Situ Ranca Hideung telah menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan,” ujarnya, Kamis 31 Mei 2018.

Para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah yang menyejukkan mata. Di sekeliling danau terdapat perbukitan hijau perkampungan dan hamparan persawahan yang sangat luas. Pengunjung bisa menjelajahi Situ Ranca Hideung dengan menggunakan rakit bambu yang dibuat warga setempat.

Situ Ranca Hideung, Garut, Jawa Barat

“Terlebih bagi pengunjung yang hobi memancing yah bisa memancing sepuasnya, paling ada uang sewa kepada warga-lah sedikit,” ungkap Hendra.

Bahkan bagi pengunjung yang ingin merasakan bagaimana suasana malam di Situ Ranca Hideung, bisa mendirikan tenda di sekitar situ. Selepas suana malam di pagi hari pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan suasana pagi Situ Ranca Hideung.

 

Sumber : viva.co.id

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *