Menkominfo: Palapa Ring Dibangun Untuk Jalan Tol Informasi Membentang Seluruh Indonesia

Epicentrum.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan kebijakan infrastruktur Palapa Ring atau jaringan tulang punggung broadband (jalan tol informasi) yang membentang ke seluruh Indonesia dan juga membangun menara Base Transceiver Station (BTS) tujuannya untuk daerah yang 3T (Tertinggal, terdepan, terluar) yang wilayahnya terbagi dari barat, tengah, dan timur.

“Kecepatan di Jakarta itu 7 megabyte/second, tapi saudara kita yang di Papua, Maluku kecepatannya 300 kilobyte/second atau 1,23 kilobyte/second, ini yang menjadi keprihatinan,” ujarnya, Senin (28/5/2018) pagi ini.

Ia menjelaskan bahwa Palapa ring barat di wilayah Natuna, Anambas, Riau sampai ke Singkawang sudah beroperasi dari Maret 2018. Sementara Palapa ring tengah perkembangannya sudah sampai 77 persen, dan timur sekitar 46 persen.

“Semua pembangunan selesai akhir tahun ini, sehingga tahun 2019 semua kabupaten berjumlah 514 di Indonesia sudah terhubung dengan jaringan tulang punggung broadband,” jelasnya.

Rudi menambahkan bahwa Palapa ring dibangun di daerah yang tidak ada sama sekali infrastruktur broadband seperti di daerah timur yaitu Papua dan Papua Barat.

“Di Papua ada 23 kabupaten kita bangun broadband, Papua Barat ada 7 kabupaten kita bangun tersebut menghubungkan ke kabupaten yang sudah ada layanannya, totalnya ada 30 kabupaten yang betul-betul baru dibangun, kita buat lahan baru,” jelasnya. [Sumber]

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *