Ini Dia Manfaat Rajin Berdoa Untuk Kesehatan

berdoa

Epicentrum.id – Selain berusaha, manusia diperintahkan untuk berdoa. Selain terkait manfaat spiritual, seperti bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah, aktivitas berdoa juga memiliki manfaat dari segi kesehatan, loh.

Para ahli mengungkapkan sedikitnya ada empat manfaat sehat dari aktivitas berdoa. Apa saja kah? Inilah 4 manfaat berdoa bagi kesehatan.

Mencegah dan mengatasi stres

Sebuah studi yang dilakukan para ahli kejiwaan pada2014 menyebutkan bahwa berdoa bermanfaat mencegah dan mengatasi stres. Kekuatan doa bahkan bisa membuat seseorang terhindar dari risiko depresi juga masalah psikis lainnya. Kekuatan doa bisa membuat seseorang jadi makin tenang, tak mudah asa dan berpikir positif.

Berdoa bikin bahagia

Selain mencegah dan mengatasi stres, berdoa juga bermanfaat bikin perasaan lebih bahagia. Para ilmuwan yang mempublikasikan temuannya di JAMA Networks Journal mengemukakan  orang yang gemar menghadiri ibadah keagamaan dan memiliki bekal agama yang kuat atau religius lebih bahagia dibanding orang-orang lainnya.

Tak hanya dirinya yang bahagia, keluarganya juga bahagia, sejahtera dan lebih sabar.

Panjang Umur

Sebuah studi yang dilakukan para ilmuwan di Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa orang-orang yang religius dan gemar berdoa sesuai kepercayaan masing-masing umumnya memiliki umur yang panjang.  Mereka yang beribadah dengan tulus, sungguh-sungguh dan mengharap ridha Tuhan, umumnya akan hidup lebih sehat, tenang dan bahagia.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Orang-orang yang rajin berdoa meyakini bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Pikiran yang senantiasa positif, hati yang tenang dan bahagia adalah salah satu alasan kenapa orang-orang yang rajin berdoa memiliki sistem kekebalan tubuh kuat. Orang-orang yang gemar berdoa, sabar serta ikhlas juga bisa terhindar dari risiko jantung dan tekanan darah tinggi. (Sumber)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *