Ricky Rachmadi Menjadi Salah Satu Politisi Yang Bertemu Dengan Anwar Ibrahim Saat berkunjung ke Indonesia.

 

Epicentrum.id, Jakarta – mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, bertandang ke Jakarta. Ia bertemu dengan sejumlah tokoh dan politisi Indonesia, mulai dari mantan Presiden ke tiga BJ Habibie hingga mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli, pada minggu (20/5/2018)

Belum lama terbebas dari hukuman penjara, Anwar Ibrahim menyempatkan diri berkunjung ke Indonesia. Berikut tujuh tokoh dan politisi tanah air yang bertemu Anwar:

 

1. BJ Habibie

Presiden ke-3 Indonesia ini sengaja mengundang Anwar dalam rangka memperingati 20 tahun reformasi Indonesia. Selain itu, Anwar dan Habibie memang dikenal sebagai teman dekat.

“Hari ini saya ke Jakarta atas undangan mantan Presiden Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, sempena (peringatan) sambutan ulang tahun ke-20 Reformasi Indonesia,” kata Anwar.

Tahun 1998, bukan hanya menjadi tahun keramat bagi Indonesia saja. Bagi Anwar, tahun keramat itu juga milik Malaysia karena pada tanggal 2 September 1998, rezim Barisan Nasional hancur.

Selain itu menurut Anwar, untuk bisa menjalankan reformasi dengan baik, ada dua hal yang perlu diperbaiki dari sebuah negara. Salah satunya adalah masalah korupsi yang semakin meningkat.

Perbicangan kedua sahabat berjalan cair. Mereka juga membahas soal menjaga peradaban sebagai negara serumpun, hingga hal pribadi seperti kesehatan Habibie yang sempat menurun.

2. Ricky Rachmadi

Dalam kesempatan yang sama, Anwar Ibrahim juga bertemu dengan Ricky Rachmadi, seorang mantan aktivis mahasiswa yang kini jadi politisi Golkar. Selain berbincang, Ricky dan Anwar mengabadikan momen pertemuan mereka itu dengan selfie di dalam mobil.

Ricky yang bertemu Anwar di Bandara Soekarno-Hatta, sempat menyinggung soal dirinya yang kini jadi Ketua Bidang Ekonomi Kreatif di Golkar. Ricky juga terlihat memberikan kartu namanya ke Anwar.

3. Jusuf Kalla

Usai bertemu Habibie, Anwar menjumpai Jusuf Kalla di kediamannya sekitar pukul 19.15 WIB. Juru Bicara Wapres, Husain Abdullah menyebut, dalam pertemuan itu Anwar sempat menanyakan KTT OKI di Istanbul, Turki, yang baru diikuti Jusuf Kalla beberapa hari yang lalu.

Meski tak menjelaskan secara detail, Husain mengatakan keduanya juga membicarakan situasi terkini Malaysia. “Ngobrol santai kekeluargaan. Sesekali bahas suasana terkini di Malaysia,” kata Husain kepada awak media

Selain itu, keduanya saling menyempatkan berbagi cerita saat menjadi pemimpin organisasi hingga pemimpin partai. “Pada kesempatan ini kedua tokoh tersebut saling berbagi pengalaman saat masa muda menjadi pemimpin organisasi kepemudaan dan partai politik,” kata Husain lagi.

4. Yusril Ihza Mahendra

Saat mengunjungi Jusuf Kalla di kediamannya, Anwar juga bertemu dengan Ketua Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra. Dalam kesempatan itu, Yusril tampak mengenakan seragam PBB berwarna hijau tua.

Setelah menyalami JK yang telah menunggu di depan pintu, Anwar lantas menyapa Yusril sambil menepuk pundaknya. Anwar menyinggung seragam yang dikenakan Yusril yang kemudian dijawab oleh JK dengan menunjuk logo PBB.

 

Politikus senior Golkar yang satu ini dengan Anwar Ibrahim memang sudah akrab sejak belia. Mereka masih menjalin kedekatan dari 1967 hingga sekarang.Tak pelak, ketika Anwar datang ke kediaman Jusuf Kalla, Fahmi Idris turut hadir di sana.

6. Said Aqil

Pada Minggu malam, sekitar pukul 20.10 WIB, Anwar melanjutkan safarinya di Jakarta dengan menemui Ketua Umum PBNU KH Said Agil Sirajd. Dalam pertemuan itu, terdengar sesekali Said Aqil memceritakan kejadian teror di Surabaya.

“Di Surabaya bom membawa anak, Islam apa itu? Di Batam ada orang sudah eselon pergi ke Suriah, di Cianjur. Ini orang kaya. Kalau orang miskin ya ditampung,” ujar Said Aqil.

Lalu mereka juga membahas soal radikalisme, RUU Antiterorisme, hingga peradaban Islam Indonesia. Dari hasil perbincangan itu, Said Aqil menyimpulkan, pemahaman Islam di Indonesia dan Malaysia cenderung sama.

“Ini prinsip ahli sunnah waljamaah. Ini sama pemahaman Islam Indonesia dan Malaysia,” kata dia.

7. Rizal Ramli

Mantan Menteri Koordinator Maritim, Rizal Ramli, turut bersua dengan Anwar Ibrahim. Rizal mengaku bahagia atas terbebasnya Anwar dari penjara.

“Saya bahagia bahwa Datuk Anwar Ibrahim sudah kembali bebas, merdeka,” kata Rizal, dikutip dari Antara, Senin (21/5).

Rizal bahkan menyandingkan Anwar dengan Nelson Mandela. “Luar biasa, bagaikan Nelson Mandela, Anwar memiliki courage untuk memaafkan,” imbuh dia.

Pria yang kerap disapa RR ini juga menyebut pertemuannya membahas seputar ekonomi, politik, hukum, dan reformasi. Ia dan Anwar mengenang soal masa reformasi di Indonesia dan Malaysia yang mereka anggap mengesankan. ****

[sumber]

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *