Sebabkan Kematian, Ini 3 Hal Pemicu Utama Kanker Melanoma

Kabar duka menimpa keluarga Hatta Rajasa. Sang menantu Adara Taisa, istri dari Rasyid Rajasa harus berpulang untuk selamanya. Ia diduga meninggal akibat melanoma yang ‘memakan’ habis tubuhnya.

Melanoma sendiri merupakan kanker kulit yang paling ganas. Penyebabnya bisa banyak faktor, namun sinar matahari ultraviolet menjadi yang paling ganas memicu munculnya melanoma.

Meski sinar UV hanya bagian kecil dari paparan matahari, sayangnya ia berperan besar sebagai penyebab utama matahari merusak kulit manusia. Paparan sinar UV dapat merusak DNA di tubuh yang memicu timbulnya melanoma.

Namun, sinar UV ternyata tidak hanya datang dari matahari saja. Paparan sinar UV juga hadir di beberapa sumber seperti tanning booths atau tempat pencokelatan kulit.

Ilustrasi kanker kulit.

Dilansir dari laman Cancer, kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV ini dapat merubah gen. Kemudian, sinar tersebut yang akhirnya mengontrol kapan sel bertumbuh dan berkembang. Saat gen tidak lagi tumbuh seperti normalnya, maka ini yang menjadi biang dari melanoma terjadi.

Terakhir, melanoma hadir di dalam gen seseorang dan diturunkannya pada anak hingga cucu. Dalam keluarga ini, kerusakan gen yang terjadi biasanya dapat dengan mudah menjadi penyakit keturunan dan memicu risiko utama melanoma.

Biasanya, kerusakan yang terjadi belum nampak di awal kehidupan. Meski ada kasusnya, namun sangat jarang anak-anak dan remaja mengalami melanoma. Sebab, kerusakan gen akan terasa perubahannya dan memicu kanker saat sudah menjelang usia dewasa atau lanjut usia.

 

Sumber : viva.co.id

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *