Runway Bandara Juanda Amblas, Penerbangan Lion Air Terganggu

Penerbangan Lion Air dan Batik Air dari dan menuju ke Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur telah kembali normal setelah dicabutnya notam oleh otoritas bandar udara. Penerbangan pesawat maskapai Lion Air Group sempat ditutup karena landasan pacu Bandara Juanda amblas, Minggu 20 Mei 2018.

Atas alasan keamanan, penerbangan JT922 mengalami keterlambatan keberangkatan dari yang seharusnya take off pada Minggu pukul 10.30 WIB, dikarenakan kondisi aspal di ujung landas pacu tidak berfungsi dengan baik (kondisi amblas). Sekitar 16 penerbangan Lion Air dan Batik Air dari dan menuju ke Bandara Juanda juga harus dialihkan dan penundaan keberangkatan.

“Lion Air Group telah menginformasikan kepada seluruh pelanggan yang terkena dampak dari notam penutupan operasional bandar udara dan memperbaruinya sesuai perkembangan terkini,” kata Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air dikutip dari siaran persnya, Senin 21 Mei 2018.

Ia mengatakan, Lion Air maupun Batik Air telah menerbangkan dengan menggunakan jadwal keberangkatan terbaru bagi penerbangan yang terkena dampak. Lion Air Group akan meminimalisir dampak yang timbul dari kejadian tersebut, agar penerbangan-penerbangan lainnya tidak terganggu.

Danang mengatakan, untuk alasan keselamatan, keamanan serta kenyamanan penerbangan, pilot melakukan pengalihan pendaratan dan penundaan terbang JT922. Keputusan diambil setelah pilot berkoordinasi dengan AirNav, sebagai pengelola lalu lintas udara, PT Angkasa Pura I cabang Surabaya selaku operator bandar udara dan pihak terkait.

Lion Air kemudian mengumumkan penerbangan sudah kembali normal sesuai pengumuman resmi notum berupa pencabutan penutupan operasional bandara udara pukul 12.30 WIB pada Minggu 20 Mei 2018, serta landasan pacu dinyatakan aman untuk proses lepas landas dan mendarat. Lion Air JT922 telah diberangkatkan pada pukul 13.41 WIB dan tiba di Denpasar pukul 15.50 WITA.

 

Sumber : viva.co.id

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *