Deretan 6 Masjid di Yogya Yang Selalu Sediakan Takjil Istimewa Gratis Bagi Jamaahnya

Epicentrum.id – Tak terasa bulan Ramadhan akan segera tiba. Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan 1439 Hijriah / 2018 M jatuh pada hari Kamis (17/5/2018). Sementara Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada hari Jumat (15 Juni 2018 mendatang. Adapun pemerintah, akan melaksanakan sidang itsbat pada Selasa (15/5/2018) malam untuk menentukan awal puasa Ramadhan 2018.

Pada bulan Ramadhan, umat muslim akan menjalankan serangkaian ibadah termasuk puasa. Dalam menjalankan puasa, umat muslim biasanya akan menyiapkan menu takjil berbuka puasa. Beberapa masjid di Yogyakarta selalu menyediakan takjil gratis bagi jamaahnya. Dilansir Tribunjogja dari berbagai sumber, berikut 5 masjid di Yogyakarta yang menyediakan takjil gratis:

1. Masjid Jogokariyan

Masjid Jogokaryan merupakan salah satu masjid yang selalu menyediakan menu makanan takjil untuk berbuka. Menu buka puasanya yang tergolong mewah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat maupun wisatawan. Selain menu berbuka, Masjid Jogokaryan juga menyediakan keseruan aktivitas di Kampung Ramadhan.

Setiap harinya, Masjid Jogokaryan menyediakan 1200 hingga 1500 porsi takjil untuk para jamaah. Uniknya, takjil di sini tidak dihidangkan dalam kardus, melainkan disajikan di atas piring layaknya saat makan di rumah. Salah satu menu yang disajikan di sini adalah setup nanas dan sup asam sayur.

2. Masjid Gede Kauman

Masjid Gede Kauman merupakan salah satu masjid bersejarah di Yogyakarta. Masjid tersebut terletak di kompleks Keraton Yogya. Masjid Gede Kauman menjadi begitu terkenal saat bulan puasa karena menu takjil yang super istimewa. Setiap hari Kamis masjid bersejarah ini menyediakan menu buka berupa tongseng kambing. Tradisi menyediakan takjil yang istimewa tersebut ternyata telah berlangsung lama hingga saat ini.

3. Masjid Ahmad Dahlan

Masjid Ahmad Dahlan terletak di kompleks Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan. Masjid Ahmad Dahlan memiliki keunikan tersendiri saat menyajikan menu takjil bagi jamaahnya. Masjid dengan bangunan yang cantik tersebut selalu merilis daftar menu yang disediakan untuk berbuka selama bulan Ramadhan. Menu yang ditawarkan pun cukup spektakuler mulai dari tongseng, nasi padang, opor ayam, es oyen, dawet ayu dan masih banyak lagi.

4. Masjid Nurul Islam

Masjid Nurul Islam terletak di seberang Rumah Makan Padang Sederhana. Masjid ini menjadi masjid keempat yang menawarkan menu berbuka yang cukup istimewa. Masjid Nurul Islam selalu menyuguhkan menu spesial berupa nasi padang spesial dari Rumah Makan Padang Sederhana. Berbeda dengan masjid lainnya, nasi padang hanya tersedia dalam jumlah terbatas. Selebihnya akan ada menu lain yang disediakan oleh pihak pengurus masjid.

5. Masjid At Taqwa Minomartani

Masjid At Taqwa Minomartani juga memiliki keunikan tersendiri saat menyuguhkan menu hidangan takjil buka puasa untuk jamaahnya. Pada masjid tersebut menu buka disajikan dengan cara prasmanan. Selain menarik, metode buka puasa yang demikian merupakan hal tradisi yang cukup baru di masyarakat luas. Selain itu pada 10 hari terakhir Ramadhan, Masjid At Taqwa Minomartani juga menyediakan menu untuk sahur.

6. Masjid UGM

Masjid kampus Universitas Gadjah Mada yang terletak di kompleks UGM ini, tidak hanya terkenal sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara tetapi juga terkenal dengan masjid yang memberikan takjil gratis dan lezat. Masjid ini juga mengestimasikan sekitar 1000 porsi untuk para jamaahnya, jadi anda tidak perlu khawatir kehabisan makanan berbuka puasa disini.

Pada hari-hari akhir di bulan Ramadhan, porsi yang disediakan kadangkala tidak mencapai 1000 porsi, hal tersebut dikarenakan mahasiswa sudah banyak yang pulang kampung menjelang hari raya Idul Fitri. Sehingga untuk yang stay di Jogja, anda tetap bisa menikmati hidangan lezat berbuka puasa disini, karena masjid UGM tetap mengestimasikan banyak porsi takjil untuk berbuka puasa dari 500-750 porsi. [infosaudara]

 

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *